Wednesday, December 29, 2010

Situs Elevyn: memasarkan kerajinan sekaligus membiayai kegiatan sosial

Platform online Elevyn's menghubungkan para pengrajin ke pasar global.  Elevyn  memberdayakan masyarakat terpinggirkan, memungkinkan pengrajin pedesaan untuk membuat toko online dan menjual kerajinan mereka ke pasar global, sementara secara bersamaan menyalurkan sebagian dari penjualan kepada organisasi non-pemerintah di daerah.

Paltform online Evelyn dibuat oleh Devan Singaram yang  lahir di Malaysia dan dibesarkan di Brunei. Setelah belajar Teknologi Informasi di Australia, ia kembali ke Malaysia untuk bekerja dibeberapa perusahaan "dot com". Dia menerapkan pengetahuannya di bidang teknologi informasi  dalam pekerjaan sosial, dengan bekerja pada beberapa proyek internet dengan LSM. Pada tahun 2007, ia bersama Mike Tee mendirikan Elevyn.com , sebuah perusahaan usaha sosial untuk mengangkat masyarakat marjinal keluar dari kemiskinan

Elevyn didirikan dengan tujuan untuk menciptakan kesejahteraan  bagi masyarakat marjinal dengan menggunakan toko online dan perdagangan yang adil (fair trade) sebagai platform inovatif untuk mengumpulkan uang guna membiayai kegiatan sosial. Dengan menarik sebanyak-banyaknya jumlah pembeli sadar sosial melalui sebuah toko internet yang mudah diakses, Elevyn berusaha untuk menciptakan dunia bebas kemiskinan  dan pelestarian budaya.

Hambatan terbesar bagi sebagian besar pengrajin pribumi bukan kurangnya keterampilan, melainkan kurangnya akses ke pasar. Untuk mendapatkan akses ke pasar global, pengrajin pedesaan sering harus membayar biaya masuk yang tinggi kepada tengkulak. Hal tersebut menyebabkan jumlah pendapatan pengrajin menjadi rendah. Ketidakpercayaan kepada mediator/perantara, kurangnya transparansi dan biaya overhead yang tinggi , menyebabkan konsumen berkurang antusiasmenya dalam mendukung dan membeli produk sosial dan produk ramah lingkungan.

Model bisnis Elevyn's menghubungkan pembuat/pengrajin  dengan pasar dan menghapus atau menghambat gerak tengkulak tradisional. Melalui model ini, Elevyn juga menabung sebagian dari hasil penjualan dalam rekening khusus, dimana pengusaha pedesaan dapat menyalurkan dana tersebut untuk kegiatan amal sosial l di komunitas mereka. Pelanggan tidak dibebani dengan biaya overhead yang tinggi, dilengkapi dengan kisah di balik penciptaan produk, dan pelanggan juga didorong untuk melacak dampak dari sumbangan mereka yang telah disalurkan ke masyarakat di wilayah mereka. Situs Elevyn merupakan sebuah pasar online, dengan rekening khusus yang dikumpulkan dari bagian penjualan sebagai sumbangan untuk membiayai kegiatan amal sosial, didukung komunitas jaringan, disertai alat untuk analisa produk, jasa desain kustomisasi dan jasa manajemen konten. Pemilik toko juga dapat menciptakan situs mikro yang mengkampanyekan produk mereka dan kegiatan sosial yang dibiayai mereka. Dengan menganalisa catatan hasil penjualan, pengrajin pelanggan  Elevyn  bisa mengukur kinerja produk, permintaan, kategori, alamat pembeli dan faktor lain yang berkontribusi terhadap penjualan produk.
Alat dalam situs Evelyn menunjukkan biaya minimum per klik untuk item tertentu dan batas atas yang disarankan. Pemilik toko dapat memposting dan mengelola produk mereka secara langsung melalui situs Evelyn secara mudah dengan menggunakan  perangkat lunakyang disediakan.

Para pengrajin mendapatkan keuntungan dari peningkatan pendapatan yang diperoleh sebagai dampak dari memiliki akses langsung ke pasar yang lebih besar dan terbebas dari tengkulak yang mahal. Masyarakat sekitar pengrajin juga mendapat manfaat dari sumbangan para pengrajin kepada kegiatan amal lokal, dan konsumer mendapatkan manfaat dari harga jual yang relatif lebih murah. Karena pengusaha kerajinan memilih menyumbangkan sebagian dari keuntungan setiap produk untuk kegiatan amal, kebiasaan ini menanamkan kesadaran sosial para pengusaha kerajinan, sementara konsumen merasa lebih terkait dengan sumbangan melalui pembelian karena mereka dapat melacak dengan tepat "kemana uang mereka pergi".  Evelyn network juga menciptakan komunitas di antara pengusaha
Pengusaha kerajinan membayar biaya awal $ 5 untuk mendirikan toko virtual mereka, 0,20 $ daftar biaya per produk dan $ 0,04 per klik pada setiap item. Biaya diambil secara otomatis dari $ 5 yang tersimpan, yang dapat diisi ulang secara berkala. Elevyn mengenakan biaya transaksi 3-5% pada setiap item yang dijual.

No comments:

Post a Comment