Thursday, December 9, 2010

Yang Muda dan Dermawan

Donasi online di Amerika meningkat secara signifikan. Bila ditahun 2000 donasi online baru mencapai $ 250 juta, pada tahun 2005 sumbangan online sudah menjadi $ 4,5milyar. Meskipun meningkat secara cepat, namun donasi online hanya meruapakan sebagian kecil (2-3%) dari keseluruhan donasi individu di Amerika yang setahunnya bisa mencapai $ 200 milyar. Biaya untuk fundraising melalui online juga lebih murah dibanding biaya fundraising melalui surat maupun telemarketing.

Belum lama ini sebuah portal organisasi nirlaba terbesar di Amerika Network for Good bekerjasama dengan Guidestar, melakukan study tentang donasi secara online. Sejak mulai beroperasi di tahun 2001 Network for Good telah memproses donasi sebesar $100 juta dan menyalurkannya ke 23.000 yayasan sosial. Bersama Guidestar yang mempunyai database organisasi nirlaba terbesar, mereka menganalisa data sumbangan senilai $100 juta tersebut untuk mengetahui:
  • siapa yang menyumbang secara online
  • kapan mereka menyumbang
  • bagaimana penyumbang online menggunakan dana sumbangannya
  • mengapa dermawan online menyumbang lewat portal
Laporan lengkap study tersebut bisa didownload disini. Adapun ringkasan studinya adalah sebagai berikut:
  1.  Penyumbang online masih muda (38-39 tahun) dan murah hati, rata rata memberikan beberapa kali lebih besar dari donor offline.
  2. Pria dan wanita menyumbang secara online dalam jumlah yang sama.
  3. Hampir semua pemberi online (96%) sebelumnya telah memberikan sumbangan untuk amal, tapi proporsi yang cukup besar (38%) belum lama menjadi dermawan online.
  4. Pemberian secara online memberi sejalan dengan tren belanja dan perbankan online, dan merupakan jalan pilihan bagi donor selama bencana.
  5. Kebanyakan orang memberikan online pada hari kerja, umumnya selama jam kerja, antara 10:00 dan siang hari.
  6. New York adalah negara yang paling dermawan online; Mississippi dan North Dakota adalah yang paling kurang.
  7. Pemberian online mengikuti fenomena "ekor panjang (long tail)" sama seperti yang terlihat di penjualan online buku dan musik. Artinya, sebagian besar dermawan menyumbang dalam jumlah kecil namun sebagian kecil orang menyumbang dalam jumlah sangat banyak.
  8. Kebanyakan pemberian online mengalir ke lembaga bencana, diikuti dengan kegiatan amal yang terkait dengan hewan.
  9. Sebagian besar donasi online untuk penanggulangan bencana, diikuti dengan sumbangan untuk  "anak-anak," "kanker," dan "tunawisma."
  10. Organisasi amal yang kecil mendapat manfaat dari keikutsertaannya dalam portal jaringan organisasi amal; di portal Network for Good separuh sumbangan untuk amal  mengalir ke organisasi sosial berukuran kecil dan menengah.
  11. Para dermawan online mengatakan bahwa mereka menyumbang secara online karena  lebih mudah daripada menulis cek dan cara cepat untuk menanggapi bencana.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment