Friday, November 12, 2010

Tip cara hidup sederhana dan hemat

Saya sangat prihatin mendengar penjelasan bahwa banyak PNS, terutama di daerah daerah, yang mempunyai pinjaman di bank untuk kebutuhan konsumptif, bukan untuk investasi. Mereka pinjam dana dari bank untuk beli HP, sepeda motor, dan kebutuhan kebutuhan konsumtif lainnya. Saya kira pokok permasalahannya adalah saat ini masyarakat Indonesia sudah sangat materialis. Kesuksesan seseorang diukur dari "apa yang anda punya atau pakai", bukan apa yang sudah anda sumbangkan untuk masyarakat atau negara. Sebagai akibatnya, kita merasa tidak percaya diri bila teman punya HP smartphone keluaran terbaru, sedangkan HP yang kita punyai hanya HP sederhana. Padahal, kita hanya pakai HP tersebut untuk kirim sms (HP paling sederhana juga bisa kalau hanya untuk kirim sms).
Nah, bagi teman teman yang mulai bosan hidup "besar pasak dari pada tiang" dan ingin memulai hidup sederhana sesuai rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita,  ada beberapa tip yang saya kutipkan dari http://zenhabits.net/the-cheapskate-guide-50-tips-for-frugal-living/.  Ide dasarnya saya ambil dari website tersebut, tentunya dengan beberapa modifikasi agar sesuai dengan situasi Indonesia. Tidak semua tip saya ambil karena kurang sesuai dengan kondisi Indonesia. selain itu, beberapa tip saya gabungkan jadi satu karena saling terkait.
1. Beli barang bekas. Begitu keluar dari showroom, harga motor dan mobil yang anda beli sudah turun sekitar 10-20%, bahkan kadang lebih besar dari itu. Tergantung seberapa besar nilai jual ulang dari jenis dan tipe motor atau mobil yang anda beli. Oleh karena itu, untuk hidup hemat, saya sarankan anda untuk beli motor atau mobil bekas saja. Setidaknya sampai keuangan anda betul betul kuat, atau anda sudah bisa bayar kontan setiap mobil/motor yang anda beli (dengan catatan, jangan sampai menguras seluruh tabungan juga). Untuk masalah harga, anda bisa pelajari dari iklan jual beli motor/mobil bekas dari berbagai media cetak atau iklan di internet. Saat lihat mobil bekas, bawa seorang teknisi motor/mobil yang anda percayai untuk mengecek kondisi mesinnya.
2. Buat daftar pembelian barang untuk 30 hari kedepan. Bila anda ingin membeli sesuatu yang cukup berharga (misalnya HP, sepatu, tas, dll), maka masukkanlah nama barang tersebut kedalam daftar barang yang akan anda beli. Barang yang akan anda beli tersebut harus sudah tercantum dalam daftar selama 30 hari sebelum anda benar benar membelinya. Bila anda serius dan konsekuen, banyak barang tidak akan jadi dibeli setelah 30 hari berlalu. Hal ini akan mengurangi pembelian barang karena dorongan emosi semata.
3. Kurangi makan diluar. Biaya sekali makan di restaurant setidaknya 2-3 kali lebih mahal dibanding makan dirumah. Bila anda harus makan diluar selama hari kerja, bawa makanan dari rumah.
4. Kurangi jumlah dan kualitas barang anda dilemari. Di Indonesia kita beruntung karena kita tidak perlu pakaian untuk musim dingin atau musim panas. Jenis pakaian kita sepanjang tahun tetap sama. Seharusnya kita bisa berhemat dalam masalah pakaian ini. Agar berhemat, belilah pakaian dengan warna yang netral dan mudah dicocokkan. Ibu ibu sekarang kan harus sesuai antara warna baju, rok, tas, sepatu, dll. Selain itu, kurangi barang barang ber-merk. Barang barang dengan merk internasional harganya beberapa kali diatas harga barang tanpa merk (generik). Memang barang ber-merk mempunyai kualitas lebih baik, namun dengan kualitas beberapa tingkat dibawahnya, sepatu maupun tas anda sudah nyaman dipakai dan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Ingat, jadilah diri anda sendiri. Anda adalah anda, bukan tergantung pada apa yang anda pakai.  
5. Sewa barang, tidak harus beli. Barang barang mahal seperti mobil memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit. Bila anda tidak benar benar memerlukan mobil, anda dapat menyewa bila sewaktu-waktu anda memerlukan mobil. Bila hanya sehari dua hari dalam sebulan anda memerlukan mobil, saya kira sewa mobil akan lebih hemat.  Saat ini dengan beberapa ratus ribu rupiah kita bisa sewa mobil. Akan lebih hemat lagi bila anda bisa memanfaatkan kendaraan umum. Saya kira prinsip ini perlu diterapkan secara berhati hati. Mobil beda dengan rumah. Saya percaya, dari pada uang anda dipakai untuk bayar sewa rumah, beli rumah lewat KPR BTN akan lebih baik.
6. Kurangi penggunaan kartu kredit. Untuk setiap pembelian dengan kartu kredit, anda harus punya uang sebanyak itu ditabungan sehingga secara otomatis hutang anda lewat kartu kredit akan tertutup setiap bulannya.
7. Kurangi beli makanan kemasan. Makanan kemasan jauh lebih mahal dan juga kurang segar. Masak sendiri dirumah, biaya akan lebih murah dan sehat juga.
8. Lakukan olah raga murah secara rutin.  Banyak olah raga murah. Naik sepeda, jalan kaki, berenang, adalah olah raga yang relatif murah dan sekaligus bikin anda sehat. Olah raga menghindarkan anda dari keharusan membayar biaya pengobatan yang sering sangat mahal.
9. Minum air putih, kurangi minum dalam kemasan (soda, teh botol, dll). Minum air putih lebih sehat dan kurang kalori juga, selain dapat menghemat pengeluaran kita.
10. Berhenti merokok dan minum minuman keras. Saya kira semua pembaca blog ini sudah tahu kejelekan merokok maupun minum minuman keras, namun tetap saja masih merokok. Hal ini bisa terjadi karena sebenarnya rokok dan alkohol bersifat adiktif. Cara paling gampang untuk berhenti merokok ataupun minum minum ya langsung berhenti saja, secara total. Dalam waktu sebulan anda akan merasa tidak nyaman. namun setelah itu, semua akan berjalan normal.
11. Cari hiburan murah. Banyak hiburan murah tersedia. Hentikan sewa TV kabel, nikmati siaran TV gratis saja. Pergi ke perpustakaan, baca buku gratis atau murah.
12. Manfaatkan kendaraan umum. Hitung mana lebih hemat, naik kendaraan umum atau bawa kendaraan sendiri untuk pergi kekantor. Di kota kecil, naik sepeda atau sepeda motor pribadi mungkin lebih hemat. Di Jakarta, naik kendaraan umum saya kira akan lebih hemat.
13. Buat perencanaan anggaran dan belanja bulanan. Kurang jalan jalan ke mall atau toko. Jalan jalan ke mall atau toko akan mendorong anda untuk membeli sesutau yang tidak benar benar anda perlukan. Untuk menghindari hal tersebut, anda perlu membuat daftar kebutuhan bulanan dan cobalah untuk konsekuen dengan rencana anda. Banyak hal bisa dihemat dengan cara ini. Bila anda sangat ingin jalan jalan ke mall, bawa daftar kebutuhan anda tersebut. Beli barang yang ada dalam daftar kebutuhan. Jangan beli barang hanya karena ada diskon.
14. Kurangi penggunaan ponsel.
15. Jangan berhutang karena berarti anda membuang uang untuk bayar bunga.

No comments:

Post a Comment