Monday, November 15, 2010

20 pertanyaan paling penting untuk bisnis anda

Saya bukan pebisnis, meskipun demikian, saya rasa 20 pertanyaan ini sangat penting. Sepertinya agak terlalu mendetil. Namun bila kita tidak mau bersusah payah di masa persiapan, maka kita akan kedodoran dalam pelaksanaannya. Kata pak tentara, lebih baik bermandi peluh dalam latihan dari pada bermandi darah dalam peperangan. Kata pebisnis, tidak membuat perencanaan berarti telah membuat perencanaan untuk gagal. Saya terjemahkan secara bebas dari presentasi di website http://www.forbes.com/ dan saya buat ilustrasi sesuai kondidi Indonesia.
1.Nilai apa yang anda jual? Dalam 3 kalimat anda harus bisa menjelaskan dengan singkat mengapa pelanggan memerlukan produk anda. Bila anda tidak bisa, berarti produk anda tidak punya nilai jual yang tinggi. RB umiyah memberikan pertolongan persalinan dan rawat jalan tanpa memandang kemampuannya membayar dan tanpa administrasi yang berbelit.
2.Apakah produk anda menjawab kebutuhan pasar? Seinfield Kramer sangat yakin bahwa bisnis kutang untuk laki laki akan dapat membawanya menjadi kaya raya. Jangan ikuti dia. Tidak ada peminat bagi kutang laki laki.
3.Apa yang membedakan produk anda dari pesaing? RS Mata Aravind memberikan pelayanan kesehatan mata berkualitas tanpa memandang kemampuannya membayar. Dua pertiga pasiennya mendapat pelayanan gratis.  Pengunjung Starbuck mau membayar secangkir kopi sepuluh  kali lipat harga kopi di warung tegal dan louis Vuiton mampu menjual tas dari bahan jean dengan harga belasan juta rupiah. Apa yang membedakan kopi Starbuck dan tas Vuiton dari kopi dan tas generik (tanpa merk)? Apa yang membedakan Alfa Mart dan Indomart dari warung kelontong tetangga?
4.Apakah bisnis tersebut bisa jadi besar? Bisnis yang bisa bikin kaya adalah bisnis skala besar. Bisnis kecil-kecilan hanya cukup utk mencukupi kebutuhan anda sehari-hari.
5.Seberapa besar komitmen anda untuk membuat hal tersebut benar benar terjadi? Apakah anda hanya sekedar kerja sambilan atau serius? Tidak ada sukses besar tanpa pengorbanan. 
6.Apa saja keunggulan anda? Google hebat dalam membuat algoritma untuk mesin pencari. RB Umiyah tidak memasang tarif, juga tidak meminta persyaratan administrasi  yang berbelit-belit. Identifikasi keunggulan anda, dan konsisten disitu. Bila anda bikin warteg dan sukses, jangan diubah jadi restauran. Bikin jaringan banyak warteg di berbagai tempat.
7. Dimana kelemahan anda? Apple tidak membuat kamera di iPhone, mereka membelinya dari perusahaan lain. iPod tidak memaksa diri membikin kamera. Jangan membuat produk yang biasa biasa saja.
8.Berapa harga produk anda? Maslah penetapan harga merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis. Coba pelajari cara penetapan harga yang banyak tersedia di internet. 
9.Seberapa kuat daya beli pelanggan anda? Sebaiknya jangan jualan produk atau jasa dimana pelanggan ingin potongan harga. Sasaran RB Umiyah adalah masyarakat kurang mampu. Pasien tidak perlu membayar, namun cukup menyumbang lewat kotak amal seikhlasnya.
10.Seberapa kuat supplier anda? Semakin sedikit pemasok semakin bertingkah. Bila anda jualan minuman teh botol Sosro saja, maka perusahaan teh Sosro lah yang mengendalika n bisnis anda.
11.Bagaimana anda menjual produk anda? Komputer Dell menjual langsung produknya keruma-rumah sehingga memotong rantai penjualan. Apakah anda akan bikin toko on-line?
12. Bagaimana cara memasarkan produk anda? Apakah anda akan memasang iklan lewat radio/tv/surat kabar? atau cukup lewat iklan gratis di internet?
13. Seberapa besar ancaman dari pendatang baru? Kita bisa belajar bagaimana kamera dengan film telah digantikan dengan kamera digital, koran cetak disaingi oleh koran on-line, dll. Proteksi bisnis anda dengan hak paten, pelanggan yang loyal, dll.
14.Bagaimana anda melindungi "resep" anda? Saya kira ini lanjutan dari pertanyaan sebelumnya. Bila anda mengeluarkan produk baru yang laku keras, dalam beberapa bulan pesaing dapat menirunya (dengan reverse technology-produk jadi anda dibongkar dan ditiru masing masing komponennya).
15.Berapa banyak modal awal yang diperlukan? Biasanya modal yang diperlukan jauh lebih banyak dari perkiraan awalnya.
16.Bagaimana anda membiayai bisnis anda? Jangan bikin bisnis dengan uang pinjaman dari kartu kredit. Sangat berbahaya. Arus pemasukan uang dan kapan uang keluar perlu disesuaikan.
17.Berapa banyak uang kontan diperlukan untuk bertahan hidup di awal berdirinya perusahaan? Banyak jenis usaha yang perlu cukup waktu untuk mulai bisa menghasilkan uang. 
18.Bagaimana proyeksi keuangan anda? Anda mungkin bisa kehabisan modal ditengah jalan.
19.Bagaimana membuat para pekerja senang dan tidak minta berhenti? Saya kira ini ada caranya. Biasanya masalah gaji dan bonus yang jadi pokok permasalahan.
20.Apa tujuan akhir bisnis anda?Apakah anda ingin kaya raya, ingin sekedar dapat tambahan, atau untuk sosial? Masing masing tujuan mengharuskan pemakaian strategi yang berbeda.

No comments:

Post a Comment