Thursday, November 4, 2010

Kehamilan: Minggu kelima

Perkembangan janin: Embrio (janin) berkembang menjadi tiga lapisan. Pada lapisan atas (ektoderm), tabung saraf akan terbentuk yang selanjutnya akan berkembang menjadi sistem saraf (otak, saraf tulang belakang, kulit dan rambut). Di lapisan tengah (mesoderm), akhirnya akan berkembang menjadi sistem jantung dan peredaran darah, tulang, otot, ginjal dan organ reproduksi. Pada tahap ini,  secara primitif akan mulai berkembang jantung dan sistem peredaran darah dengan cepat . Bahkan, sistem sirkulasi adalah sistem organ pertama yang berfungsi. Pada lapisan dalam (endoderm), tabung sederhana akan berkembang menjadi hati pankreas usus, dan kandung kemih.

Perubahan Ibu :
Periode anda terlambat dan anda mungkin akan mulai bertanya-tanya apakah anda hamil. Ada banyak alat tes kehamilan yang tersedia yang cukup handal beberapa hari setelah periode datang bulan anda telah terlewati. Perubahan hormon yang datang dengan kehamilan dapat menyebabkan payudara anda menjadi membesar dan sakit karena  kelenjar susu berkembang biak. Anda mungkin sering merasa lapar atau mual karena "morning sickness". Rahim anda terus tumbuh dan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan anda harus sering pergi ke kamar mandi. Gejala kehamilan bervariasi dalam intensitas dari satu wanita dengan wanita lain, tetapi juga dari kehamilan satu dengan kehamilan berikutnya pada wanita yang sama.
Bayi kembar: Nafsu makan anda mungkin akan sangat tinggi. Bila anda mengandung bayi kembar, anda membutuhkan sekitar 1 1 / 2 kali kalori sebagai lebih banyak dibandingkan dengan ibu dengan kehamilan tunggal. Kelelahan juga sering terjadi. Istirahat dan makan!

Pelayanan kesehatan
Ini saatnya untuk berpikir tentang  jenis pelayanan kesehatan yang anda perlukan untuk menjaga kehamilan anda. Sangat penting untuk menemukan seseorang yang anda percayai dan yang akan berusaha untuk membuat pengalaman kehamilan anda menjadi sesuatu yang menyenangkan.  Banyak orang tua memiliki kendala keuangan sehingga  membuat mereka kesulitan mendapatkan pelayanan yang diperlukan. TB Umiyah memberikan pertolongan persalinan normal secara gratis. 
Nasehat untuk Ayah: Ibu mungkin merasa payah dan menyampaikannya pada anda (atau siapa pun di sekitar). Cobalah untuk tidak tersinggung. Rencanakan tanggal khusus untuk merayakan hasil tes kehamilan positif anda.
Sumber: http://www.pregnancyguideonline.com/

No comments:

Post a Comment