Sunday, November 7, 2010

Kehamilan minggu kedelapan

Perubahan pada janin:
USG dilakukan pada tahap ini dapat menunjukkan detak jantung yang berdenyut. Siku mulai terbentuk di lengan dan jari mulai berkembang. Tunas kaki mulai menunjukkan kaki dengan takik kecil untuk jari kaki. Wajah terus berkembang dengan telinga, mata dan ujung hidung mulai muncul. Usus mulai terbentuk di tali pusat. Gigi berkembang di bawah gusi. Pada bayi kembar, janin terus berkembang sama dengan kecepatan perkembangan janin tunggal. Masing masing janin telah berukuran sebesar 2 biji beras.
Perubahan pada ibu:


Rahim anda sebesar ukuran jeruk sekarang, dan anda mungkin melihat bahwa pinggang anda berkembang. Jika ini bukan kehamilan pertama anda, hal ini mungkin tidak terlihat karena otot dan ligamen di perut anda sudah tidak begitu ketat. Anda mungkin akan kembali jerawatan dan kembali mengalami gangguan kulit seperti masa remaja karena kulit anda lebih beminyak. Hal ini akan berkurang atau kembali normal setelah kehamilan lebih dari tiga bulan atau setelah melahirkan. Pada kehamilan kembar, payu dara akan membesar dan lembut. Perut juga membuncit.
Saran bagi suami:
Upayakan agar anda bisa mendampingi istri periksa hamil yang pertama. Diskusikan masalah kehamilan dengan bidan atau dokter anda.

No comments:

Post a Comment