Tuesday, November 2, 2010

Kehamilan minggu ketiga

Perkembangan janin:
Pada minggu ketiga, sperma bertemu telur dalam tuba falopi dan keajaiban hidup dimulai. Walaupun beberapa sperma bisa menembus lapisan luar sel telur, hanya satu sperma akan memasuki sel telur dan terjadi pembuahan. Di tengah-tengah sel telur, kromosom ibu dan ayah bertemu mulai membentuk kromosom bayi Anda. Pada saat pembuahan, jenis kelamin bayi Anda ditentukan berkat kromosom seks dalam sperma ayah. 

Kehamilan kembar:
Jika dua telur yang dilepaskan dari ovarium (atau satu telur dari indung telur masing-masing) dan dibuahi oleh dua sperma yang terpisah, kembar fraternal (dizigotik) telah terbentuk. Kembar Fraternal dapat jenis kelamin yang sama atau laki-laki atau perempuan, dan akan terlihat mirip atau mungkin agak berbeda seperti saudara kandung. Jika satu telur dibuahi dan kemudian membagi dalam dua, kembar identik akan terbentuk (atau membagi menjadi tiga, kembar tiga identik akan mengembangkan, dll).
Kembar identik memiliki kromosom yang sama maka jenis kelamin juga sama, dan memiliki rambut warna mata, golongan darah, dll yang sama. Hanya sepertiga dari semua kembar adalah kembar identik (monozigot).
Dalam kasus kembar tiga atau kembar empat, dll, berbagai kombinasi  mungkin terjadi. Tiga (atau empat atau lebih) telur bisa dibuahi dan berkembang menjadi kembar tiga , empat dll. Salah satu telur dapat yang telah dibuahi dapat menjadi kembar identik dengan telur yang lain sehingga terjadi kehamilan tiga (dua identik dan satu bayi fraternal). Atau satu telur dapat membelah menjadi  kembar tiga identik.

Perubahan pada ibu:
Sekitar hari ke 14 dari awal siklus menstruasi terakhir anda, salah satu telur matang dilepaskan dari ovarium anda dan ditarik ke dalam tabung fallopi anda di mana pembuahan terjadi. Anda mungkin mengalami keluarnya beberapa bercak atau pendarahan pada saat  blastokista (calon bayi-sel telur yagng telah bertemu dengan sperma) tertanam ke dalam rahim Anda. Jangan takut ~ itu normal, tetapi tidak semua wanita akan mengalami ini. Kebanyakan wanita tidak menyadari saat yang tepat kapan pembuahan bisa terjadi.

Catatan: Hari kehamilan dihitung mulai dari hari pertama menstruasi (datang bulan) terakhir.

Sumber: http://preganancyguideonline.com/

No comments:

Post a Comment