Sunday, November 28, 2010

Melakukan kegiatan amal itu menyenangkan

Amy Potthast, ibu 2 anak dari Portland, Oregon, Amerika bersama-sama dengan teman teman melakukan kegiatan dengan ibu ibu dari kalangan tidak mampu yang mereka beri nama Proyek Desa St John. Sejak musim gugur tahun 2010, seminggu sekali ibu ibu bersama anak balitanya berkumpul di taman bermain Swap n play. Mereka bermain bersama dan saling membantu untuk mengembangkan "40 modal pertumbuhan" yang diperlukan oleh seorang anak untuk bisa tumbuh menjadi orang dewasa yang peduli, bertanggung jawab dan sehat. 40 modal pertumbuhan (developmental assets) tersebut dapat dikelompokkan kedalam modal external seperti dukungan (seperti dukungan keluarga, komunikasi keluarga yang positif, dll), pemberdayaan (lingkungan yg aman dan sehat, masyarakat yang menyayangi anak, dll), dan modal internal, seperti komitmen untuk belajar, memiliki nilai nilai positif (peduli, bertanggung jawab, integritas, dll), kompetensi sosial, dan lain lain.  Pada tanggal 30 Oktober kemarin, mereka membuat sarapan pagi bersama dan menyediakan pakaian untuk pesta haloween yang dapat dibawa pulang oleh ibu ibu kurang mampu tersebut. Bagi Amy Potthast, dia telah melaukan kegiatan yang menyenangkan hatinya sekaligus melakukan kegiatan amal.

Agar kita bisa melalukan kegiatan dan menyenangkan, kita perlu membuat 2 daftar. Pertama, daftar tentang kegiatan yang membuat kita senang. Misalnya: membaca buku cerita, memasak, membuat kue, menyulam, ngobrol, menulis atau membuat blog, menggambar, dan lain lain. Kedua, kita buat daftar kegiatan amal yang bisa kita lakukan, misalnya: memberi makanan (lauk pauk atau kue) ke tetangga yang kurang mampu, menyumbang uang atau barang, jadi relawan, penggalangan dana, dll.
Nah kemudian, kita tinggal menyambungkan kedua hal tersebut. Sebagai contoh:
  • Bekerja sebagai relawan dengan membacakan buku buku cerita di panti jompo atau panti asuhan.
  • Mengajari anak anak sekolah yang kurang mampu untuk belajar komputer/bahasa Inggris di rumah
  • Membuat kue dan bersama sama dengan panti asuhan setempat menjual kue tersebut sebagai donasi untuk panti asuhan.
  • Mengajak teman teman untuk membuat seragam sekolah dan menyumbangkan seragam tersebut kepada anak anak sekolah yang kurang mampu.
  • Mengajak anak kurang mampu jalan jalan ke kebon binatang
  • Mengajak teman teman mengunjungi dan menyumbang ke panti asuhan atau panti jompo.
  • Membuat artikel di blog yang membahas tentang kegiatan amal itu menyenangkan
  • Membuat buku gratis tentang sedekah atau kegiatan amal
  • dan masih banyak lainnya. Silahkan anda tambahkan daftarnya.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment