Wednesday, November 17, 2010

Susan Burton, membantu 400 mantan narapidana wanita kembali ke masyarakat

Susan Burton dibesarkan di bagian timur Los Angeles, Amerika Serikat.  Dia mulai memakai narkoba pada tahun 1981 ketika anak laki lakinya yang berusia 5 tahun meninggal karena tertabrak mobil. Susan Burton, karena tidak bisa mengatasi kesedihannya, akhirnya terperangkap dalam kecanduan rokok dan obat bius, yang membawanya ke penjara. Sekeluar dari penjara, tidak berapa lama kemudian dia terjatuh kembali kedalam perangkap obat bius yang mengantarnya kembali masuk penjara. Begitu berulang kali terjadi hingga akhirnya dia bisa bersih kembali setelah berobat di panti rehabilitasi di tahun 1997.  
Sejak itu, Susan Burton bertekad untuk membantu wanita pecandu narkoba yang baru keluar dari penjara untuk bisa kembali hidup normal di masyarakat. Dia bekerja keras dan menabung sehingga dapat membeli sebuah rumah di Watts. Dia meletakkan tempat tidur susun di kamar tidurnya, dan menyulap ruang makan jadi kantor sekaligus kamar tidurnya. Di akhir tahun 1998 dia buka pintu rumahnya dan mulailah programnya berjalan. Tidak berapa lama telah ada 10 wanita tinggal di rumahnya. Mereka saling membantu untuk bisa lepas dari narkoba dan kembali ke masyarakat.
Kini Susan Burton, dengan dukungan donasi individu maupun organisasi swasta telah memiliki 5 rumah yang mampu menampung 22 wanita sekaligus. Susan Burton juga telah memiliki sertifikat sebagai konselor ketergantungan obat. Setiap minggunya dia menerima 20-30 surat dari wanita penghuni penjara akibat penyalah gunaan obat bius. Dia membalasnya satu persatu dan berjanji untuk menampung mereka sekeluarnya dari penjara. Susan Burton mendirikan sebuah LSM bernama A New Way of Life sebagai sarana melaksanakan visi dan misinya, yaitu mempersiapkan bekas penyalah-guna obat bius untuk kembali hidup normal di masyarakat.


No comments:

Post a Comment