Friday, November 26, 2010

Mumpung belum dapat kerjaan, kenapa nggak jadi relawan?

Hari kemarin adalah masa lalu, hari esok masih jadi impian, dan hari ini adalah kenyataan. Hari hari kemarin anda masih sekolah/kuliah, melamar pekerjaan, ikut kursus, dll. Anda berharap akan segera mendapat pekerjaan yang layak. Namun kenyataannya hari ini anda masih menganggur. Orang tua mulai cemberut karena seharian anda tinggal dirumah. Apa yang harus dilakukan? Banyak hal bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengisi sebagian waktu anda dengan bekerja sebagai relawan.
Saat ini banyak sekali saudara saudara kita yang kekurangan. Uluran tangan anda akan bisa sangat berarti buat mereka. Banyak anak usai sekolah dasar yang belum lancar baca tulis, berhitung, matematika, dll. Kita bisa membantu anak anak tersebut. Banyak anak sekolah tidak kuat bayar sekolah, anda bisa menggerakkan teman dan saudara untuk menyumbang biaya sekolah mereka. Banyak anak anak yang belum pernah lihat gajah atau harimau, anda bisa ajak mereka ke kebun binatang. Mungkin anda punya tetangga yang sudah senior dan tinggal sendiri. Anda bisa membantu mereka memasakkan makanan buat mereka. Tukang ojek yang mangkal di dekat perumahan mempunyai banyak waktu luang. Sering mereka mengisinya secara tidak produktif. Anda bisa menyediakan surat kabar dan majalah untuk mereka. Masih banyak lagi kegiatan relawan yang tidak bisa saya sebut satu persatu.
Tentunya ada tinggal memilih suatu kegiatan sesuai dengan permasalah masyarakat di sekitar anda dan kemampuan anda untuk melakukannya. Bila anda punya banyak waktu, anda bisa memilih kegiatan yang memerlukan banyak pengorbanan waktu dari anda seperti: bimbingan belajar, merawat orang jompo, dll. Bila anda punya banyak saudara dan teman yang bersedia mendukung anda secara finansial, anda bisa melakukan kegiatan yang memerlukan dana, seperti membuka kursus gratis (komputer, bahasa Inggris, dll). Anda bisa juga menyumbangkan keahlian anda secara gratis. Bila anda seorang akuntan yang baru lulus, anda bisa memberikan keahlian anda secara gratis. Kecuali profesi medis (dokter, dokter gigi, dll)  yang memerlukan ijin praktek, banyak profesi yang dapat menyumbangkan keahliannya secara gratis tanpa perlu ijin dari pemerintah. Psikolog dapat memberikan konsultasi psikologis gratis tanpa harus mempunyai ijin praktek. Begitu pula dengan guru, artis, dan olah ragawan. Tak perlu ijin pemerintah bila ingin menumbangkan keahliannya secara gratis kepada masyarakat.
Terus, apa manfaatnya untuk anda? Banyak. Pertama, bila dilakukan secara sepenuh hati dan ikhlas, anda akan mendapat pahala. Kedua. Bekerja sebagai relawan akan membuat anda terampil berkomunikasi, gembira, optimis, dan semua itu baik sebagai bekal dalam bekerja nantinya. Setidaknya ada 10 manfaat jadi sularelawan.
Insya Allah, dengan berbagi dan menolong orang, Tuhan akan menolong kita.



No comments:

Post a Comment