Saturday, November 6, 2010

Kehamilan: minggu ketujuh

Perkembangan janin: Pada minggu ketujuh, janin masih kecil, baru sekitar 1/3 inci atau sebesar biji beras. Meskipun demikian, pertumbuhannya sangat pesat.Lengan dan kani mulai tumbuh, meskipun jari belum terbentuk. Otak terus tumbuh, lensa mata, hidung, pankreas dan usus serta saluran pernapasan mulai terbentuk.
Perubahan pada ibu: Keadaan ibu pada minggu ketujuh cenderung sama seperti minggu lalu dengan gejala gejala awal kehamilan. Ibu mungkin akan kehilangan beberapa kilogram atau naik beberapa kilogram. Keduanya adalah normal pada tahap ini.
Kehamilan kembar:

Pada kehamilan kembar,  biasanya:

• Berat badan meningkat lebih cepat

• Ukuran perut meningkat dan  gatal-gatal di permukaan
• Perasaan berat di panggul atau vagina
• Badan cenderung lebih banyak menampung air
• Pembuluh darah melebar (varices)
• Kelelahan

Saran untuk "morning sickness"(ngidam):
Muntah di pagi hari bisa berlanjut hingga siang hari. Satu hal penting untuk diingat adalah untuk tidak pernah membiarkan perut anda dalam keadaan benar benar kosong atau terlalu penuh. Jahe (yang beneran, bukan buatan) membantumengurangi muntah.  Minum ginger ale atau teh jahe, cobalah jahe tumbuk atau kapsul akar jahe. Jeruk juga membantu meringankan mual dan muntah.

Saran bagi suami:  Apakah anda punya kucing? Jika demikian, Suami DiMOHON mengambil alih tugas membersihkan kotak kotorannya. Kotoran kucing sering mengandung parasit yang dapat menyebabkan toksoplasmosis - infeksi yang dapat melewati plasenta dan membahayakan bayi Anda.

Sumber: http://pregnancyguideonline.com/

No comments:

Post a Comment