Wednesday, November 3, 2010

Kehamilan: minggu keempat

Perubahan pada janin:
Implantasi (calon bayi tertanam dalam rahim ibu) terjadi. Setelah blastokista sampai ke rahim, ia mencari tempat untuk menetap. Blastokista berarti "tunas kantong," dan sel-sel mulai membelah menjadi dua kelompok - yang membentuk plasenta dan  yang membentuk bayi. Blastokista akan menyembunyikan  dirinya ke dalam dinding rahim yang disebut implantasi.


Bayi kembar: Sama seperti kali di atas dua, atau tiga bayi kembar, dll. Lihat seri kehamilan minggu ketiga untuk informasi lebih lanjut tentang bayi kembar.

Perubahan pada Ibu: Pada akhir minggu ini, Anda akan mengharapkan periode anda (atau berharap itu datang jika anda tidak menginginkan kehamilan anda). Beberapa gejala kehamilan pertama sangat mirip dengan yang dialami pada saat periode anda. Misalnya merasa kelelahan, nyeri payudara dan perubahan suasana hati. Anda mungkin merasa hal-hal tersebut dan berpikir "Saya kira itu tidak terjadi bulan ini." Tunggu beberapa hari. . .

Bayi Kembar: Anda mungkin bahkan tidak berpikir kembar sebelumnya kecuali ada dalam perawatan kesuburan. Gejala anda akan mirip dengan ibu dengan bayi tunggal, tetapi lebih gejalanya.

Saran untuk Ayah: Apakah istri mengabaikan anda sementara dia menunggu dan berharap periodenya akan mulai (tidak akan?)  Hal ini bisa menjadikan ibu lebih  emosional.

Sumber: http://www.pregnancyguideonline.com/wk4.htm

No comments:

Post a Comment