Friday, November 5, 2010

Kehamilan minggu keenam

Perkembangan janin: Denyut jantung bayi mulai terdengar. Janin sekarang sudah menjadi bayi dan dengan panjang sekitar 1 / 17 inci. Pertumbuhan sangat cepat minggu ini. Tali pusat berkembang. Mata dan telinga mulai terbentuk serta rongga mulut. Jantung mulai memompa darah dan sebagian besar organ-organ lain mulai terbentuk. Tunas terbentuk pada tubuh yang akan menjadi lengan dan kaki.
Karena ini adalah saat kritis dalam perkembangan organ bayi Anda, hindari alkohol, zat berbahaya, obat-obatan, dan perawatan (perms, pewarnaan rambut, manikur, dll) yang tidak benar-benar anda butuhkan. Mulailah memeriksakan kehamilan anda dengan dengan dokter atau bidan.


Bayi kembar: Morning sickness (ngidam) dapat sangat parah dengan kehamilan kembar. Karena kebutuhan cairan anda telah meningkat, pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari terjadinya  dehidrasi (kekurangan cairan) ketika muntah yang parah. Hubungi dokter atau bidan jika anda mempunyai


keluhan tentang kehamilan anda.
Anda mungkin begitu gembira dan anda ingin segera memberitahu teman teman dan saudara. Atau, anda mungkin ingin menunggu dan menjaga rahasia. Beberapa orang tua khawatir tentang keguguran dan memilih untuk tidak mengabarkan adanya kehamilan dan menunggu sampai ancaman keguguran terlah berlalu. (Namun, teman dan keluarga dapat menjadi sumber dukungan yang besar dalam hal terjadi keguguran, dan anda mungkin kehilangan dukungan ini dengan tidak berbagi berita.)
Tanda-tanda Keguguran:
Setiap ibu merasa khawatir tentang kemungkinan keguguran. Jika anda memiliki salah satu dari tanda-tanda ini, hubungi dokter/bidan segera:
  • Perdarahan
  • Kram dan / atau sakit perut
  • Mengeluarkan jaringan berwarna keabu-abuan atau merah muda atau bekuan darah
  • Tidak setiap kejang atau setiap tetes darah merupakan tanda keguguran. Banyak wanita berdarah selama kehamilan dan tetap memiliki bayi yang sehat. Meskipun demikian, perdarahan adalah tanda peringatan yang penting,  dan anda harus memberitahu dokter/bidan
  • Dalam kasus kehamilan kembar, sangat mungkin untuk keguguran salah satu dari sikembar dan bayi kembar lainnya tetap sehat. 
Nasehat buat ayah: Jika morning sickness (ngidam) mulai menyerang, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu: 1) bau tertentu dapat membuat istri mual - bahkan hal-hal seperti kopi dapat memicu gelombang mual. Cobalah untuk menjaga hal-hal ini sampai morning sickness mereda, 2) mendorong istri untuk mempertahankan diet yang  tinggi protein dan karbohidrat dan minum banyak cairan, terutama air; 3) menyediakan beberapa krupuk asin (crackers) atau pretzel didekat  tempat tidur dan mendorong dia makan beberapa SEBELUM dia keluar dari tempat tidur, 4) memahami bahwa istri mungkin mampu memasak, membersihkan dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya sekarang. Anda bisa menolong istri demi istri  (dan bayi) dengan menyarankan istri beristirahat saat anda mengambil tugas tugas istri yang biasa dia lakukan.

sumber: http://www.pregnancyguideonline.com/

No comments:

Post a Comment