Friday, March 18, 2011

United Prosperity: menjamin hutang wirausaha gurem

United Prosperity adalah sebuah organisasi nirlaba yang memberikan jaminan atas hutang kelompok pengusaha gurem yang beranggotakan beberapa keluarga miskin.


Ruby Devi dan 4 kawannya
 Begini cara kerjanya. United Prosperity mengajak anda (dermawan) untuk menjadi penjamin hutang yang dipinjam oleh kelompok pengusaha gurem (petani miskin). Setiap 1 dollar yang anda jadikan uang jaminan, maka sebuah lembaga keuangan mikro akan meminjamkan 2 dollar kepada kelompok tani (pengusaha gurem) tersebut. Pinjaman diberikan kepada kelompok dengan ketentuan bahwa bila ada anggota kelompok yang tidak bisa mengembalikan pinjaman, maka anggota kelompok lainnya harus menanggungnya secara bersama-sama. Terbukti, pinjaman kepada kelompok ini menjamin pengembalian pinjaman dengan baik. Jarang sekali terjadi kredit macet. Selain itu, karena pinjaman bukan untuk konsumsi (beli sepeda motor, misalnya), namun untuk modal usaha, maka penghasilan peminjam menjadi meningkat.

Ruby Devi dan 4 kawannya (Pinki Devi, Sunita Devi, Meena Devi dan Nirmala Devi) , dari salah satu desa di India, sebagai contoh. Mereka masing masing mendapat pinjaman Rs 8000 (sekitar 2 juta rupiah). Ruby Devi yang mula mula hanya berjualan manisan, kini mulai menyediakan makanan untuk makan siang juga. Sebagai pemimpin kelompok, Ruby Devi mengadakan rapat anggota secara rutin untuk menjamin bahwa semua akan dapat mengembalikan dana pinjaman sesuai ketentuan.

Tanpa adanya seorang penjamin, para pengusaha kelas gurem tersebut tidak akan bisa mendapatkan pinjaman. Siapa penjamin hutang mereka? Ada beberapa orang, diantaranya adalah:  Balachander,seorang ilmuwan keturunan India yang tinggal dan bekerja di Amerika; Churadeep, yang tinggal di California. Tugas penjamin hanya menomboki kredit macet. Jumlahnya juga tidak banyak, tidak sampai 10% dari nilai pinjaman.
Saya tidak tahu apakah model hutang kelompok cocok atau tidak diterapkan di Indonesia. Yang jelas, dengan pinjaman kelompok maka anggota kelompok akan memilih anggota yang mereka percayai. Dengan demikian, kemungkinan untuk ngemplang hutang menjadi lebih kecil.

No comments:

Post a Comment