Thursday, March 3, 2011

10 perilaku membuat bocor dompet

Gaji lumayan tapi dompet sering kosong? Mungkin ada beberapa perilaku anda yang membuat isi dompet anda cepat menguap.

wah..kok kosong?!
Coba simak daftar  perilaku boros dibawah yang saya ambil dari artikel 25 ways to waste your money yang dimuat di Yahoo finance http://finance.yahoo.com/banking-budgeting/article/112202/25-ways-to-waste-your-money?mod=bb-budgeting. Saya hanya kutip 10 perilaku yang sering kita temui  di Indonesia.

  1. Hutang kartu kredit. Di Indonesia bunga kartu kredit mencapai sekitar 42% per tahunnya. Bila saldo hutang kartu kredit anda mencapai Rp 10 juta, dalam setahun anda menyumbang ke Rp 4,2 juta ke perusahaan kartu kredit. Rp 4,2 juta bukan uang sedikit.
  2. Memakai HP yang tidak sesuai. Bila anda hanya memakai HP untuk telpon dan sms, anda tidak perlu beli smartphone. Hanya buang buang uang saja. Apalagi bila anda sering ganti bila sebuah model baru keluar.
  3. Berperilaku tidak sehat. Pengeluaran karena menghisap rokok tidak hanya untuk biaya beli rokok. Biaya kesehatan juga akan ikut meningkat. Apalagi bila anda juga makan banyak, mengkonsumsi banyak garam dan gula, apalagi bila ditambah jarang berolah raga, maka dalam waktu beberapa tahun kedepan anda akan sering berurusan dengan dokter.
  4. Beli barang ber-merk. Tas tangan wanita dengan merk terkenal harganya bisa 5-10 kali lipat tas tangan tanpa merk. Begitu pula dengan baju, sepatu, dll. Merk telah menngangkat harga produknya beberapa kali lipat harga barang generiknya (tanpa merk). Hal ini juga berlaku untuk obat-obatan. Harga obat di Indonesia lebih mahal 5-20 kalinya harga obat sejenis di India. Adik saya minta oleh oleh obat darah tinggi setiap kali saya pulang kampung.
  5. Membayar fee penggunaan ATM. Coba cek apakah anda harus membayar biaya administrasi setiap kali memakai ATM. Bila harus bayar, pindahkan saja tabungan anda ke bank yang menggartiskan biaya penggunaan ATM.
  6. Beli barang baru bukan bekas. Harga mobil baru langsung jatuh 5-20% begitu anda keluar dari show room. Harga mobil bisa turun hingga 50% dari harga barunya dalam waktu 5 tahun. Kondisi mobil berusia 5 tahun masih sangat bagus. Banyak barang bekas selain mobil yang sekarang tersedia di toko barang bekas, mulai dari mainan anak hingga furniture.
  7. Beli asuransi yang tidak perlu. Asuransi credit shield termasuk salah satu asuransi yang diragukan manfaatnya. Bila anda beli barang bergaransi, jangan minta diperpanjang garansinya (tentunya dengan tambahan biaya). Sering hal tersebut hanya suatu pemborosan.
  8. Keseringan makan di restaurant. Harga makanan di restaurant bisa 5-10 kali lipat harga makanan dirumah. Belajar memasak akan dapat banyak menghemat uang belanja.
  9. Belanja karena dorongan emosi. Hobi jalan jalan ke mall, bisa membuat dompet bocor tidak karuan, apalagi bila anda termasuk seorang yang sering membeli barang karena dorongan emsoi semata. Meskipun tidak sedang diperlukan, banyak ibu ibu yang membeli suatu barang hanya karena sedang diobral.
  10. Beli sesuatu yang tidak dipakai. Apakah anda langganan TV kabel tapi nggak sempat nonton? Langganan gym tapi belum tentu bisa datang seminggu sekali? Langganan majalah yang nggak sempat kebaca?
Bila anda pingin lihat daftar pemborosan lainnya, silahkan kunjungi website yahoo finance diatas. Semoga bermafaat

No comments:

Post a Comment