Tuesday, March 1, 2011

Teknologi sederhanan pompa air Kickstart, mensejahterakan petani Kenya

Berapa besar keuntungan dari bertani dan berternak kecil-kecilan. Tidak banyak. Bila kita memeliharan ayam kampung 1000 ekor, misalnya, keuntungan yang diperoleh hanya sekitar Rp 1,2 juta per bulan.

Artinya, usaha tersebut harus ditangani sendiri. Bila diserahkan ke orang lain, keuntungannya akan habis untuk menggaji  pegawai tersebut. Sama juga dengan memelihara kambing, bila hanya kecil kecilan, keuntungannya akan habis untuk menggaji pegawai.

Bagaimana agar petani dengan lahan kecil bisa semakin sejahtera?

Menurut  pengamatan saya, setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama, petani perlu memanfaatkan teknologi sederhana yang murah namun efektif agar produktivitasnya meningkat. Kedua, melakukan kegiatan non-pertanian (seperti berdagang kecil-kecilan, misalnya) untuk menambah penghasilannya.
Di Amerika ada organisasi nirlaba bernama Kickstart yang bertujuan membantu petani miskin dengan mengembangkan teknologi sederhana. Salah satu hasil karya mereka adalah menciptakan pompa air dengan memakai tenaga kaki (pedal) seperti terlihat dalam gambar disamping. Dengan pompa air Kickstart, petani Kenya bisa bertanam sayuran sepanjang tahun.

Bila belum ada di Indonesia, saya kira ini merupakan salah satu peluang bisnis sekaligus membantu petani kecil. Siapa berminat?

No comments:

Post a Comment