Saturday, March 26, 2011

Keluarga miskin di sekitar kita

Ternyata sekarang ini, sebagian besar  masyarakat miskin tidak berada di negara negara miskin. Sebagian besar masyarakat miskin kini ada di negara negara dengan penghasilan menengah (middle income country).Sebagian besar dari mereka ada di India, China, Nigeria, Indonesia, Pakistan dan Filipina.

Dalam kelompok negara dengan penghasilan menengah, Indonesia mempunyai jumlah penduduk miskin terbesar keempat, setelah India, China dan Nigeria.

Apa implikasinya bagi kita? Jangan hanya mengandalkan pemerintah. Kita juga perlu ikut membantu meningkatkan taraf hidup keluarga miskin di sekitar kita. Tidak gampang, memang.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah berbagi beras atau makanan yang kita punyai. Jangan sampai ada keluarga miskin di sekitar kita yang sampai kesulitan untuk makan 3 kali sehari. Bila tidak ada lagi yang tidur dengan perut keroncongan, kita bisa bantu meringankan biaya sekolah anak anak mereka. Pendidikan merupakan salah satu strategi jitu dalam memutus rantai kemiskinan.

Paling afdhal adalah bila kita bisa menciptakan pekerjaan untuk mereka. Ini lebih sulit kalau dibandingkan dengan membantu biaya sekolah atau memberi makan keluarga miskin. Diperlukan keahlian dan profesionalisme. Seharusnya BMT mengarah kesana, saya tidak tahu kenyataannya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment