Tuesday, March 29, 2011

Jacob Barnett, IQ 170

Jacob Barnet, anak Amerika keturunan India, 12 tahun kelihatan seperti anak anak lainnya. Perbedaannya, ketika berumur 3 tahun dan didiagnose dengan penyakit Asperger's syndrome, sejenis autis tingkat sedang, dia sudah bisa menyelesaikan jigzaw puzzle 5000  biji. Beberapa tahun kemudian Jacob belajar sendiri aljabar, kalkulus dan geometri dalam waktu 2 minggu.

Pada umur 8 tahun dia tinggalkan sekolah dan kini, di usia 12 tahun,  mengambil pelajaran advanced astrophysics. Jacob kini juga bekerja (dan digaji) sebagai peneliti di Indiana University. Saat ini dia sedang menekuni sebuah teori yang akan menyangkal teori big bang dalam penciptaan alam semesta.

Ketika diajak orang tuanya mengunjungi planetarium di Butler University, pemandu acara menanyakan kepada para pengunjung mengapa bulan di planet Mars tidak bulat tapi berbentuk seperti kentang. Para pengunjung hanya bisa diam saja. Jacob kemudian mengacungkan tangan dan bertanya "berapa ukuran bulan di Mars". Setelah pemandu menjawab ukuran bulan di Mars, Jacob kemudian berkata:" Bulan di Mars berbentuk seperti kentang karena daya gravitasi di Mars tidak cukup kuat membentuk bulan menjadi bulat karena ukuran bulan di Mars cukup besar.


No comments:

Post a Comment