Tuesday, May 31, 2011

Teresa Hsu, berumur 112 tahun. Apa rahasianya?

Teresa Hsu, no 3 dari kiri
Teresa Hsu saat ini berumur 112 tahun. Teresa dilahirkan di kota Swatow, Propinsi Guangdong, China tahun 1898. Pada umur 16 tahun dia lari dari rumahnya dan pergi ke Hongkong karena akan dinikahkan secara paksa oleh orang tuanya dengan seseorang yang tidak dia sukai.

Teresa Hsu memang luar biasa. Dia mulai sekolah ketika usia sudah menginjak 27 tahun dan masuk S1 (London Nursing College) diumur 47 tahun. Dia ingin menjadi perawat setelah melihat banyaknya penderitaan akibat Perang Dunia II.

Setelah lulus dari Nursing College, Teresa Hsu merantau ke Eropa dan bekerja menolong orang orang miskin yang membutuhkan pertolongan. Pada tahun 1961 dia pindah ke Singapura untuk merawat ibunya yang mulai sakit sakitan. Di Singapura Teresa Hsu kemudian mendirikan panti jompo buat para orang tua yang sakit.

Teresa Hsu sangat murah hati. Dia sangat terkesan ketika dirinya masih kecil, saat itu ibunya sedang mengambil kentang di kebun untuk kebutuhan keluarganya, namun ibunya kemudian memberikan semua kentang tersebut kepada seorang pengemis (perempuan) bersama anaknya yang kelaparan.

Kegiatan sosial dan kedermawanan membuat Teresa Hsu selalu merasa bahagia. Menurut dia itu adalah salah satu kunci kenapa dirinya bisa berumur panjang. Selalu berusah menolong orang yang membutuhkan dan membuat orang lain bahagia.


No comments:

Post a Comment