Tuesday, May 10, 2011

Sedekah yang berdampak dan tepat sasaran (2)

Bila kita sudah mulai memberikan sedekah kepada kaum kerabat, kita bisa mulai lebih serius dalam menyantuni anak yatim.

Paling baik adalah bila kita bersedia menampung anak yatim untuk tinggal dirumah kita dan memperlakukannya seperti anak sendiri. Ini bukan sesuatu yang gampang, namun berkahnya akan sangat besar. Terus terang, saya sendiri belum mampu melakukannya. Dilain pihak, bagi anak yatim, tinggal dalam sebuah keluarga akan lebih baik dibandingkan bila harus tinggal di panti asuhan.

Bila kita secara mental dan fisik mampu menampung anak yatim di keluarga kita, masalah keuangan, insya Allah tidak akan menjadi masalah. Setiap anak akan membawa rezeki masing masing. Pengalaman dari Panti Asuhan Amanah di Pamulang, Tangerang Selatan dan banyak panti asuhan lain membuktikan hal tersebut. Panti Asuhan Amanah yang didirikan di tahun 2000 hanya sekali membeli beras, yaitu di bulan pertama ketika mulai beroperasi.

Menyantuni anak yatim yang tinggal di Panti Asuhan adalah kegiatan yang relatif mudah. Kita tinggal menyedekahkan dana atau dalam bentuk barang sesuai dengan kemampuan kita. Tentunya semakin besar sumbangan akan semakin baik bagi mereka dan bagi kita (pemberi sedekah) juga. Banyak cerita tentang dampak yang menakjubkan dari sebuah sedekah kepada anak yatim, apalagi bila hal tersebut dilaksanakan secara rutin.

Selain pemberian santunan secara rutin, akan sangat baik bila kita mengundang anak yatim ketika kita mempunyai hajat, misalnya: ulang tahun. Bisa juga kita ajak mereka untuk makan bersama di sebuah restaurant, mengajak mereka berdarma wisata, nonton film bersama, dll.

Sasaran berikutnya adalah memberikan sedekah kepada orang orang miskin. Bila kita ingin bersedekah yang memberi dampak, ini bukan sebuah tugas yang mudah. Agak mudah, dan tidak terlalu besar biayanya, adalah bila kita membantu membiayai sekolah anak anak keluarga miskin. Bila perlu, kita bisa mengajak teman atau saudara untuk bersama-sama membiayai sekolah dari keluarga tidak mampu. Akan lebih baik bila kita tidak hanya membantu dari sisi keuangan, banyak anak dari keluarga kurang mampu juga memerlukan bimbingan. baik bimbingan akademis maupun mental/rohani. Sekolah akan dapat mengentaskan anak anak tersebut untuk keluar dari kemiskinan nantinya. Investasi dalam pendidikan adalah sebuah investasi yang tepat.

No comments:

Post a Comment