Wednesday, May 11, 2011

Sedekah yang berdampak dan tepat sasaran (3)

Menolong keluarga miskin agar terlepas dari jeratan kemiskinan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Sedekah uang sangat perlu, namun sering tidak cukup. Selain bantuan berupa uang, dalam banyak kejadian, perlu disertai dengan  nasehat dan bimbingan serta pendampingan.

Nah menggabungkan pemberian sedekah berupa dana, nasehat, bimbingan dan pendampingan menjadi tidak gampang. Sering orang yang punya waktu untuk memberikan nasehat atau bimbingan, tidak punya uang. Atau sebaliknya, ada yang bersedia memberi sedekah uang, namun tidak punya waktu untuk memberikan bimbingan. Untuk itu, diperlukan suatu usaha bersama. Bisa berupa organisasi formal seperti LSM atau berupa sebuah kelompok pengajian, misalnya.

Intervensi untuk menolong suatu keluarga miskin berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam kasus mbok Sumiati (bukan nama sebenarnya), misalnya. Dia seorang janda miskin, salah satu anaknya yang hidup serumah sakit-sakitan. Anaknya yang lain kurang peduli, jarang menengok ibunya. Mbok Sumiati hanya hidup dari mencari kayu bakar di hutan dan menjual hasil kelapa dari kebunnya yang tidak seberapa. Salah satu bantuan yang akan dapat menolong keluarga tersebut untuk bangkit secara ekonomi adalah membantu menyembuhkan sakit anak laki lakinya yang hidup serumah. Padahal, penyakit anaknya tersebut tidak gampang disembuhkan. Perlu waktu dan ketelatenan.

Permasalahan yang menimpa Bambang (bukan nama sebenarnya) juga tidak mudah dipecahkan. Bambang harus merawat adiknya yang terkena gangguan jiwa. Adiknya tidak bisa ditinggal sendirian dirumah dalam waktu yang cukup lama. Bambang masih harus menyewa rumah, tidak punya pekerjaan tetap dan harus merawat adiknya yang terkena gangguan jiwa. Tidak mudah memang. Bambang memerlukan uluran tangan orang lain. Bila masalah yang dihadapinya mudah, tentunya Bambang tidak perlu pertolongan. Dia akan bisa memecahkan masalahnya sendiri.

Menurut pengamatan saya, menolong peminta-minta kelihatannya lebih sulit dibandingkan dengan menolong orang miskin yang bukan peminta-minta. Saya belum punya pengalaman dalam hal mencoba menolong pengemis. Sedekah yang saya berikan kepada pengemis selama ini hanya sedekah berupa uang recehan yang tidak akan berdampak apa apa terhadap sang pengemis. Saya juga belum pernah membaca artikel tentang cara menolong pengemis yang efektif.

Mungkin anda punya saran?

No comments:

Post a Comment