Sunday, May 15, 2011

Howard Baker, memberi banyak sedekah berupa beasiswa

Howard Baker lahir di daerah kumuh kota Detroit pada tahun 1924 dan meninggal pada tahun 1993 di kota yang sama. Tidak banyak yang diketahui tentang masa muda Howard Baker, kecuali bahwa dia hanya bersekolah hingga kelas 8 dan kemudian bekerja diperusahaan angkutan truk. Pada pertengahan umur 20an dia berhasil mendirikan perusahaan angkutan truk yang diberinya nama Howard Baker Trucking Company. Dalam dekade berikutnya, bisnis merambah ke dealer mobil dan restaurant. Pada akhir hidupnya dia telah menjadi jutawan (dolar). Bukan prestasi kecil untuk seorang kulit hitam Amerika yang lahir dari keluarga miskin.

Howard Baker, meskipun dirinya hanya sekolah hingga kelas 8, namun sangat menghargai perlunya pendidikan. Dia berpendapat bahwa pendidikan tinggi akan dapat mengangkat kehidupan seseorang. Oleh karena itu, pada tahun 1992 dia mendirikan Howard Baker Foundation yang memberikan bea siswa kepada anak anak Afrikan Amerikan untuk melanjutkan kuliah. Ketika dia meninggal pada tahun 1993, kekayaan Howard Baker Foundation mencapai sekitar $ 5 juta atau senilai dengan Rp 40 milyar.

Agar bisa beramal, Howard Baker hidup sederhana. Istilahnya 'everyday philanthropist'. Dermawan yang hidup sederhana agar bisa beramal dalam jumlah banyak.

No comments:

Post a Comment