Tuesday, May 24, 2011

Kehamilan minggu keempatbelas

Pda kehamilan minggu keempatbelas, ukuran janin sudah mencapai 3,5 inci panjangnya dengan berat sekitar 1-2 ounces. Sang janin mulai belajar gerakan menarik napas kedalam dan mengeluarkan napas. Mata dan telinga semakin mendekati posisinya dan semakin tumbuh berkembang. leher bayi semakin panjang dan dagu janin tidak lagi menempel didadanya. Tangan bayi mulai berfungsi dan mulai ada gerakan. Hingga saat ini, semua kebutuhan bayi tercukupi melalui plasenta (ari ari).

Pada kehamilan minggu keempatbelas suara jantung bayi mulai terdengar (dengan alat bantu dopler). Bila masih kurang jelas, USG bisa lebih jelas menunjukkan adanya gerakan jantung janin.

Bagi sang ibu, kadar hormon yang meningkat diawal kehamilan kini mulai mengalami penurunan sehingga berkurang pula rasa mual, sering kencing dan rasa capai. Meskipun demikian, sering terjadi gangguan sulit kebelakang (konstipasi) karena hormon hormon tadi telah menyebabkan gerakan lambung dan usus menjadi kurang efektif. Pembesaran rahim juga mulai menekan usus. Untuk itu, ibu sebaiknya makan banyak makanan berserat.

Pembuluh darah balik di dada dan di buah dada mulai membesar dan terlihat. Puting susu mulai menghitam dan membesar. Tubuh sang ibu mulai mempersiapkan diri untuk memberikan air susu ibu bagi sang bayi.

No comments:

Post a Comment