Friday, May 13, 2011

7 Tip sedekah di tahun 2011

dana sedekah
Sedekah yang baik adalah sedekah yang direncanakan. Dibawah ini 7 tip agar kita bisa memberikan sedekah dengan cara yang lebih baik:
  1. Anggarkan rencana sedekah anda. Bila kita seorang karyawan dan bergaji tetap, maka dengan memotong minimal 2,5% gaji untuk zakat/sedekah, kita bisa membuat perencanaan dan anggaran untuk kegiatan amal. Pengetahuan tentang besarnya uang yang tersedia untuk kegiatan amal akan memudahkan kita dalam membuat perencanaan sedekah. Misalnya, kita akan berani menambah jumlah keponakan yang kita bantu biaya kuliahnya, kita bisa merencanakan untuk mengajak anak anak panti asuhan berdarma wisata ke taman safari, dll.
  2. Bersifat pro-aktif. Banyak sekali orang yang memerlukan bantuan kita, namun mereka tidak pernah memperlihatkannya atau meminta-minta kepada kita. Untuk itu kita perlu lebih bersikap pro-aktif. Bila kita punya saudara yang sudah duduk di kelas 3 SMU, kita bisa menawarkan kepada anak tersebut (atau orang tuanya) bahwa kita akan membantu membiayai kuliahnya. Adanya informasi tersebut akan membuat sang anak punya waktu untuk mempersiapkan diri. Begitu pula misalnya bila kita kenal dengan seseorang yang tidak mau mengobatkan penyakitnya, mungkin hal tersebut dikarenakan kesulitan biaya.
  3. Sedapat munkin jangan menolak permintaan sedekah. Nabi Muhammad tidak pernah menolak permintaan sedekah. Apa yang bisa beliau sedekahkan akan diberikan tanpa pernah takut akan menjadi miskin. Begitu pula, sebaiknya kita upayakan agar kita tidak pernah menolak seseorang yang meminta pertolongan kepada kita, karena kesempatan untuk berbuat amal dengan menolong seseorang tidak datang setiap saat. Meskipun demikian, kadang kita terpaksa menolaknya. Misalnya, bila kita memberikan sedekah kepada pengemis di New Delhi, India dalam waktu singkat anda akan dikerumuni pengemis.
  4. Pelajari lembaga amal yang anda percayai atau seseorang yang akan kita bantu. Sekarang mulai banyak bermunculan lembaga amil zakat. Pelajari lembaga mana yang bekerja dengan efisien, memberikan bantuan dalam bidang yang anda inginkan, dll. Begitu pula bila kita akan memberikan sedekah kita kepada seseorang, sebaiknya kita tahu keadaan dan permasalahan orang tersebut.
  5. Berikan sedekah sepanjang tahun. Pahala sedekah memang lebih besar bila diberikan pada bulan puasa. Meskipun demikian, upayakan agar kita bisa memberikan sedekah sepanjang tahun, meskipun besarnya sedekah bisa bervariasi. Syukur kalau kita membuat tiada hari tanpa sedekah. Sedekah dapat menghindarkan kita dari bencana.
  6. Sedekahkan juga sebagian barang barang anda. Sedekah bisa juga dalam bentuk barang. Bila istri kita punya tas tangan yang masih baik, HP, dll kita bisa jual dan uangnya kita sedekahkan. Sedekah berupa makanan yang kita makan sehari-hari juga sangat baik. Bila keluarga kita ada yang ulang tahun, kita bisa adakan pestanya di panti asuhan.
  7. Usahakan agar terlibat dalam kagiatan amal. Sedekah tidak harus berupa uang atau barang. Kita bisa menyedekahkan keahlian atau bahkan waktu kita. Kita bisa mengunjungi teman, saudara atau bahkan orang yang tidak kita kenal yang sedang dirawat di rumah sakit. kita bisa doakan agar bisa cepat sembuh. Kita bisa juga sedekah dengan menggartiskan orang miskin (dokter praktek sore, guru bimbingan belajar, kursus musik, dll).
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment