Monday, May 23, 2011

Kehamilan minggu kesebelas-keduabelas

Kehamilan umur sebelas berarti adalah kehamilan minggu ke 9 sejak pembuahan.

Pada kehamilan minggu kesebelas ini janin mulai tumbuh cepat. Bila pada awal minggu ke sebelas ukuran janin baru sekitar i inci, maka pada akhir minggu kesebelas ukuran janin mencapai sekitar 2 inci. Ukuran kepala janin pada minggu kesebelas sekitar separuh dari panjang janin. Pada minggu kesebelas, pertumbuhan kritis sudah dilewati dan janin akan tumbuh dengan cepat. Kelopak mata masih bergabung dan tertututp, iris mata mulai terbentuk.

Pada kehamilan minggu kesebelas atau kedua belas, darah mulai beredar antar janin dan rahim. Plasenta (ari ari) mulai berfungsi.

Rahim ibu mulai membesar sebesar buah anggur dan rasa mual mulai berkurang. Meskipun kadang bau yang menyengat masih sering menimbulkan rasa mual. Pada kehamilan kembar, mual mual dan muntah dipagi hari masih terasa menganggu.

Pada minggu keduabelas, hampir semua organ dan struktur sudah mulai terbentuk. Organ dan struktur tersebut akan terus tumbuh hingga kelahiran. Jari jari kaki dan tangan mulai terpisah dan kuku mulai terbentuk. Alat kelamin mulai terbentuk sesuai dengan jenisnya. Cairan ketuban mulai terkumpul karena ginjal janin sudah mulai mengeluarkan kencing. Otot pada dinding usus mulai bergerak menandakan mulainya penyerapan makanan oleh usus.

Rahim ibu terus tumbuh dan mulai bergeser keatas dan kedepan.

sumber:  http://www.pregnancyguideonline.com/wk11.htm

No comments:

Post a Comment