Monday, April 18, 2011

Perlu Orang Sedesa

Hillary Rodham Clinton, saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, ketika masih menjadi ibu negara pernah meluncurkan sebuah buku berjudul "It Takes a Village: And Other Lessons Children Teach Us". Dalam buku tersebut dia menyampaikan visinya untuk anak anak Amerika. Hillary berpendapat, baik atau buruk, lingkungan diluar keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan anak anak. Sangat sulit bagi sebuah keluarga mendidik anaknya dengan baik bila lingkungan sekolah, teman sepermainan, dan lingkungan dimana mereka tinggal  tidak mendukung bagi pertumbuhan anak.

Dalam banyak kasus, keperdulian sesama dari banyak orang, istilahnya "orang sedesa", memang sangat diperlukan agar sebuah masalah bisa teratasi.

Contohnya, kasus yang menimpa Ahmad (bukan nama sebenarnya) yang menderita penyakit gangguan jiwa bipolar (seperti penyakit yang menyerang bintang film  Catherina Zeta Jones). Dia tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan hidup menjanda. Mereka hidup dalam kemiskinan. Tidak punya uang untuk berobat. Meskipun sudah dibantu berobat, namun ibunya tidak mampu memaksa atau meyakinkan anaknya untuk mau minum obat secara teratur. Tetangganya kurang peduli. Saudara kandung Ahmad pergi merantau ke Jakarta, jarang sekali menengok orang tuanya, dan juga tidak pernah membantu secara keuangan.

Apa yang diperlukan Ahmad agar dia bisa sembuh dari penyakitnya? Pertama dukungan dari keluarga. Ini dia punyai, karena dia tinggal bersama ibunya yang sangat menyayanginya. Namun karena beban yang sangat berat, ibunya hampir putus asa. Secara ekonomi mereka sangat miskin, makan kenyang 3 kali sehari saja sangat sulit. Untuk itu, Ahmad dan ibunya perlu bantuan dana untuk makan sehari-hari dan biaya berobat, setidaknya sampai Ahmad sembuh dan bisa kembali bekerja. Mereka juga memerlukan tetangga yang mampu mengingatkan dan "memaksa" Ahmad mau minum obat. Ahmad juga memerlukan dukungan psikologis.

Diperlukan orang sedesa, yang peduli sesama, agar Ahmad bisa sembuh. 
Perkenankan saya mengutip hadi Nabi Muhammad berikut ini:
Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi Saw, beliau bersabda: ”Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang Muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya” (HR Muslim).

No comments:

Post a Comment