Monday, April 11, 2011

Kunci umur panjang

Ketika belum ditemukan terapi genetika dan lain lain, pernah dilakukan studi untuk mencari faktor faktor kunci yang menentukan umur panjang pada orang orang yang lahir sekitar tahun 1910. Kesehatan sekitar 1500 orang tersebut diikuti. Para peneliti mengumpulkan data tak kurang dari 10 juta informasi.

Menurut Howard S. Friedman dan Leslie Martin dalam bukunya Longevity Project ternyata, kebanyakan orang yang berumur panjang bukan karena mereka bisa sembuh dari penyakit penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung, gula atau paru paru. Mereka bisa berumur panjang karena terhindar dari kesemua penyakit berat tersebut.

" Ciri ciri anak  yang mempunyai kemungkinan besar bisa berumur panjang adalah mereka yang punya kepribadian yang hati hati (conscientiousness), gigih, bijak, dan hidup teratur (well organized)" kata peneliti dari University California at Riverside dan La Siera University tersebut. Remaja yang mempunyai sifat  hati hati juga mempunyai kemungkinan besar bisa hidup lama.
Ada 3 alasan utama mengapa orang yang hati hati dan bijak bisa cenderung berumur panjang:

  1. Mereka cenderung mengikuti aturan, menjaga kesehatannya dan tidak mau melakukan kegiatan yang membahayakan dirinya sendiri, seperti merokok atau naik kendaraan tanpa memakai helm atau memasang sabuk pengaman.
  2. Orang yang hidup hati hati cenderung terhindar dari berbagai penyakit, bukan hanya karena mereka tidak merokok atau melakukan kebiasaan yang kurang sehat. Diperkirakan kebiasaan hidup hati hati menyebabkan ada sejenis kimia diotak yang membuat mereka terhindar penyakit dan hidup lebih lama.
  3. Sifat hati hati menyebablan mereka bisa mempunyai hubungan antar manusia dan kondisi lingkungan yang sehat. Sifat kehati-hatian yang mereka punyai menyebabkan mereka dapat mencari jalan hidup berkeluarga dengan bahagia, persahabatan yang baik dan lingkungan kerja yang sehat.
Dibawah ini ada daftar pernyataan yang biasa dipakai untuk mengukur apakah anda termasuk orang yang hati hati dan teratur hidupnya. Pada setiap pernyataan beri nilai sebagai berikut:
  • nilai 1 bila pernyataan tersebut sangat tidak sesuai dengan anda
  • nilai 2 bila pernyataan tersebut agak tidak sesuai
  • nilai 3 bila pernyataan tersebut antar tidak sesuai dengan anda
  • nilai 4 bila pernyataan tersebut agak sesuai dengan anda
  • nilai 5 bila pernyataan tersebut sangat sesuai dengan anda.
Berikut ini pernyataan yang perlu anda beri nilai. Lebih baik bila ada orang dekat anda yang menilainya:
  1. Saya selalu dalam keadaan bersiap diri (I am always prepared)
  2. Saya sering meninggalkan barang disembarang tempat. .
  3. Saya senang membuat perencanaan secara terperinci.
  4. Saya sering membuat barang barang berantakan
  5. Saya bersegera mengerjakan pekerjaan pekerjaan dirumah.
  6. Saya sering lupa mengembalikan barang barang ketempat asalnya.
  7. Saya senang keteraturan
  8. Saya sering melalaikan atau mengelakkan tuga tugas. 
  9. Saya selalu mengikuti jadwal 
  10. Saya gigih dalam bekerja .
Untuk pernyataan 1,3,5,7,9, dan 10 beri nilai 1 bila sesuai dan beri nilai 5 bila sangat sesuai. Untuk pernyataan lainnya (2,4,6,8) beri nilai kebalikannya, yaitu beri nilai 5 bila tidak sesuai dan beri nilai 1 bila sangat sesuai.

Jumlah semua nilai anda. Bila nilai anda dibawah 34 berarti anda termasuk hidup sembrono. Lebih dari 35 berarti anda hidup dengan hati hati. Nilai maksimalnya adalah 50.

Silahkan nilai diri anda. Ternyata menurut penelitian, pengobatan modern tidak banyak bisa memperpanjang umur. Sifat hati hati dan biajk sejak muda akan bisa membuat anda berumur panjang

No comments:

Post a Comment