Saturday, April 23, 2011

menyedekahkan 10% beasiswa dan 50% gaji

Nick Beckstead dan Mark Lee adalah mahasiswa S3 di Rutgers University. Meskipun mahasiswa dengan beasiswa pas-pasan, mereka sudah menyumbangkan 10% beasiswanya untuk kegiatan amal. Mereka juga sudah berjanji akan menyumbangkan 50% penghasilan sepanjang hidupnya nantinya bila telah selesai kuliah untuk membantu mereka yang kekurangan.

Saat ini sebagai mahasiswa S3 mereka mendapat uang saku sebesar $30,000 per tahun. Dengan jumlah uang yang menurut ukuran Amerika tidak banyak tersebut, mereka bisa menyisihkan 10% untuk amal. Mereka hidup sederhana. Nick menghabiskan waktu, diluar kuliah, dengan melakukan hiking, membaca dan diskusi filsafat. Mark mempunyai hobi menonton film, main video games dan menerapkan prinsip hidupnya dalam kehidupan sehari-hari. Hobi yang tidak menghabiskan banyak uang. Mereka percaya bahwa bila telah bekerja nantinya, mereka akan dapat menyumbangkan 50% penghasilannya untuk membantu memerangi kemiskinan. 

Nick Beckstead dan Mark Lee bergabung dalam sebuah organisasi Giving What We Can. Sebuah organisasi yang didirikan oleh Profesor Toby Ord dari Oxxord University. Melalui organisasi tersebut sudah 80 orang dari 9 negara berjanji akan menyumbangkan 10% penghasilannya untuk sedekah.

Bagaimana dengan anda? apakah anda sudah bayar zakat mal (bukan zakat fitrah)?

No comments:

Post a Comment