Friday, April 22, 2011

Apakah John D Rockefeller mulai bersedekah setelah menjadi kaya?

John Davison Rockefeller adalah seorang pebisnis yang sukses dan sekaligus dermawan. Kalau seorang kaya menjadi dermawan, itu sudah biasa.

Yang saya kepingin tahu adalah sejak kapan dia menjadi dermawan? Berapa besar sumbangan yang dia sedekahkan untuk kegiatan amal?

Rockefeller Uinversity
Ternyata John D Rockefeller yang lahir di tahun 1839, sudah mulai bersedekah ketika dia masih muda dan belum kaya. Hidupnya masih pas-pasan karena saat itu dia masih bekerja sebagai juru tulis (clerk).

Meskipun masih miskin, John D Rockefeller mau menyedekahkan 10% penghasilannya. Dengan meningkatnya penghasilannya, jumlah sumbangannya juga menjadi semakin besar. Awalnya, semua sedekahnya dia sumbangkan ke gereja. Salah satu hasil sumbangannya adalah untuk mendirikan University of Chicago, juga membiayai pembangunan Rockefeller Institute of Medical Research (yang kini menjadi Rockefeller University).

John D Rockefeller hidup sederhana. Hidupnya hanya berada diseputar kerja dan keluarga.

Apakah sedekah anda sudah mencapai 10% penghasilan? Mari kita ikuti langkah Rockefeller, insya Allah, kita juga akan sampai ketempat yang sama. Amin.


No comments:

Post a Comment