Tuesday, April 10, 2012

Adik Rizki, dari Bener, Purworejo menderita sferositosis


Adik Rizki dengan adik Rendi

Spherocytosis atau sferositosis adalah sebuah kelainan pada selaput sel darah merah yang berbentuk seperti bola (sphere) dan menyebabkan sel darah merah tersebut gampang rusak sebelum waktunya. Penyakit sferositosis biasanya merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini bisa tingkat ringan sehingga terdeteksi setelah dewasa atau bahkan tidak terdeteksi. Pada tingkat berat, seperti pada adik Rizki, biasanya sudah diketahui sejak kecil karena gejalanya nampak sejak kecil.
Adik Rizki saat ini kekurangan sel darah merah karena sel darah merahnya rusak sebelum waktunya. Biasanya memang penderita sferositosis menderita kurang darah (anemia) tingkat sedang hingga berat. Untuk itu, adik Rizki memerlukan transfusi darah. Kadang, penderita sferositosis mengalami krisis karena secara tiba tiba perusakan sel darah merahnya meningkat tajam. Biasanya ini terjadi bila penderita sferositosis terkena infeksi virus.
Biasanya penderita sferositosis akan diberi obat asam folat dan obat obatan lain sebagai penunjang. Biasanya, limpanya perlu diambil karena limpa adalah organ tubuh yang merusak sel darah merah. Operasi pengambilan limpa biasanya dilakukan setelah anak berumur lebih dari 6 tahun.
Tentunya, dengan seringnya transfusi darah dan cepatnya perusakan sel darah merah akan menyebabkan timbulnya gangguan lain, seperti batu empedu dan gangguan liver (hati).
Mari kita doakan dan kita dukung agar dik Rizki bisa lekas sembuh

1 comment:

  1. wah sy br lihat blog ini.sekarang rizqi udah besar rutin transfusi di rsup sardjito 3 bln skali :)

    ReplyDelete