Tuesday, February 28, 2012

Memberi itu membahagiakan

Pada suatu hari, dua orang anak muda yang bersahabat berjalan-jalan kesuatu desa. Meskipun usianya hampir sama, salah seorang diantaranya kelihatan lebih dewasa dibanding satunya. Sepertinya mereka sedang liburan dan berjalan-jalan ke sebuah desa dipinggir kota.

Ketika sampai dipinggir sawah mereka melihat sebuah celana panjang dan sepasang sepatu yang sudah kelihatan agak usang diletakkan dipinggir jalan. Sangat jelas, celana panjang dan sepatu tersebut milik seorang miskin. Sang empunya sepatu sedang turun kesawah dan meninggalkan celana panjang dan sepatunya disitu agar tidak terkena lumpur.

"Dari pada cuman jalan jalan tidak karuan. Mari kita sembunyikan celana dan sepatu tersebut. Kita lihat bagaimana reaksi orang yang punya.": kata satunya kepada temannya. Rupanya, salah satu anak muda tersebut sudah mulai bosan dan ingin menggoda petani miskin yang meninggalkan celana panjang dan sepasang sepatunya dipinggir sawah.

Temannya menjawab: "Akan lebih asyik kalau kita letakkan uang Rp 5000 dimasing-masing sepatu tersebut. Kita lihat bagaimana reaksi petani tersebut ketika mendapat uang tidak terduga": kata teman satunya. Akhirnya, mereka meletakkan uang 2 lembar uang Rp5000 disetiap sepatu  tersebut dan kemudian bersembunyi untuk mengamati reaksi petani miskin ketika mendapat rezeki tak terduga.

Tidak berapa lama, terlihat seorang petani kurus keluar dari persawahan menuju tempat dia meletakkan sepatu dan celana panjangnya.  Ketika memakai sepatu, sang petani merasakan ada sesuatu yang mengganjal dikakinya. Setelah diamati ternyata ada uang Rp. 5000. Lebih kaget lagi ternyata ketika tahu ada uang Rp 5000 dikedua sepatunya. Sang petani terlihat memandang sekelilingnya untuk melihat siapakah yang telah meletakkan uang disepatunya. Ketika dia tidak menemukan ada orang yang meletakkan uang tersebut disepatunya, sang petani kemudian terlihat berlutut dan mengangkat tangannya dan berdoa kepada Allah. Terlihat sang petani sangat bersyukur atas rezeki tak terduga yang diterimanya.

Dibalik kerimbunan pepohonan kedua anak muda juga kelihatan berbahagia. Mereka berbahagia karena sudah bisa menolong orang yang sedang kesusahan.Ternyata sedekah membuat sang pemberi juga merasa bahagia.

Coba amati foto diatas. Sang pemberi terlihat lebih bahagia dibandingkan orang yang menerima pemberian.

No comments:

Post a Comment