Wednesday, February 15, 2012

8 prinsip penggunaan uang agar membuat bahagia (4)

Dr Elizabeth W. Dunn menyarankan agar kita menerapkan 8 prinsip dalam menggunakan uang agar hidup bisa lebih berbahagia. Ketiga prinsip pertama telah diuraikan dalam artikel sebelumnya.

Prinsip keempat. Bayar kontan, jangan beli secara kredit.

Pada tahun 1949, selesai makan di sebuah restoran di kota New York, seorang pebisnis Amerika bernama Frank McNamara baru sadar kalau dirinya lupa membawa uang kontan. Akhirnya, istrinya yang membayar makan malam tersebut. Pengalaman tersebut menginspirasi Frank McNamara untuk mendirikan sebuah perusahaan kartu kredit. Industri kartu kredit kini bernilai milyaran dolar.
Kartu kredit dan penjualan secara kredit telah mewabah di Indonesia. Dari sisi psikologis, kebiasaan “beli sekarang, bayar kemudian” mempunyai dua kelemahan. Kelemahan pertama, kebiasaan membeli secara kredit telah membuat orang berpikiran jangka pendek. Kebiasaan membeli dengan kredit menyebabkan seseorang terjebak dalam hutang, malas menabung (termasuk mempersiapkan pensiun). Ketika mereka tidak lagi bisa berhutang, segalanya sudah terlambat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang tidak bisa menunda membeli sesuatu, bersikap tidak sabaran, maunya dapat sekarang, maka orang tersebut cenderung hidup kurang makmur.
Kelemahan kedua dari kebiasaan “beli sekarang, bayar kemudian” adalah kurangnya kemampuan mengantisipasi. Padahal kemampuan mengantisipasi adalah salah satu sumber kebahagiaan yang tidak perlu dibeli. Seseorang yang membeli biskuit dan langsung memakannya, mendapatkan x satuan kesenangan. Orang yang menunda memakan biskuit tersebut selama beberapa jam, akan mendapat x unit kesenangan ditambah dengan kesenangan karena dia mengharapkan akan makan biskuit enak nantinya.
Selain itu, orang yang tidak bisa menunda konsumsi sering mendapatkan barang kelas dua. Orang yang maunya makan sekarang, biasanya akan makan apa yang ada dihadapannya, yang mungkin terlalu banyak gula atau cholesterol yang tidak baik untuk kesehatan.Dengan menunda konsumsi, seseorang akan dapat memilih dan mendapatkan barang yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment