Wednesday, February 15, 2012

8 prinsip agar uang membuat kita bahagia (3)

Mengapa uang tidak membuat seseorang merasa bahagia? penyebabnya sebagian besar karena mereka salah dalam memanfaatkan uangnya. Dr Elizabeth W. Dunn dari University of British Columbia menyarankan 8 prinsip dalam penggunaan uang agar bisa membuat seseorang bahagia. Prinsip pertama dan kedua bisa dibaca di artikel sebelumnya.

Prinsip ketiga. Pakai uang untuk membeli kesenangan kesenangan kecil tapi sering, dari pada beli kesenangan yang besar tapi hanya sekali.

Menurut Dr Dunn, pembelian pembelian kecil sesuatu yang kita senangi (makan bakso bersama teman/keluarga, jalan jalan ke kebun binatang, dll) lebih membuat seseorang merasa lebih berbahagia dibandingkan pembelian sesuatu yang besar tapi sekali (beli mobil kedua atau ketiga).
Menurut penelitian Diener, Sandvik dan Pavot (1991) kebahagian lebih terkait dengan frekuensi dari pada dengan intensitas dari sesuatu yang menyenangkan. Contoh sederhananya: makan biskuit sehari satu buah lebih membuat senang dibandingkan dengan makan biskuit 12 buah sekaligus. Penelitian dari Thaler (1985, 1999), Thaler dan Johnson (1990) menunjukkan bahwa seseorang yang menang undian $25 dan kemudian menang lagi $50 lebih merasa berbahagia dbandingkan orang yang menang undian $75 sekali saja. Hal yang sama dengan hadiah yang sifatnya bukan uang, seperti kue coklat, nilai hasil ulangan di sekolah, dan mendapat hadiah dari kawan. Penelitian dari Nelson dan Meyvis (2008) menunjukkan bahwa orang yang dipijat selama 60 menit kemudian istirahat selama 20 menit kemudian dipijat lagi, merasa lebih senang dibandingkan dengan orang yang dipijat terus menerus selama 2 jam.
Sayangnya, dampak dari pembelian pembelian kecil terhadap perasaan senang atau bahagia berkurang pada orang kaya. Orang kaya bisa membeli kesenangan yang besar sehingga kurang bisa menikmati kesenangan kesenangan dari pembelian pembelian kecil.
Dalam bahasa agama, kalau kita banyak bersyukur, maka kita akan menjadi lebih berbahagia. Mari kita mulai dengan banyak mengucap alhamdulillah…., insya Allah Tuhan akan meningkatkan karunia-Nya kepada kita.

No comments:

Post a Comment