Tuesday, December 6, 2011

laki laki tua yang penuh syukur

Ketika berjalan melewati jalan setapak di sebuah desa di pegunungan, Ahmad melihat seorang laki laki tua yang buta. Badannya kurus, sepertinya banyak penyakit yang sedang mengerogoti badannya. Kakinya juga lumpuh sehingga membuat laki laki tua tersebut harus selalu duduk ditempat dia berada sekarang ini..

Ketika lewat didekat laki laki tua tersebut, Ahmad dengan jelas mendengar orang tersebut berkata: " Alhamdulillah, segala puja dan puji bagi Allah, Tuhan yang telah menghindarkanku dari berbagai kesusahan seperti yang telah menimpa banyak menimpa hamba hamba Mu yang lain. Ya Allah sesungguhnya Engkau telah melebihkan aku dari hamba hamba Mu tersebut".

"Pak Tua": kata Ahmad: " Katakan pada saya, apa yang telah Allah anugerahkan kepada bapak sehingga  . bapak mengucapkan segala syukur tersebut. Saya lihat  bapak menderita banyak penyakit."

"Pergilah jauh jauh dariku" kata Pak Tua tadi: "Bukankah aku masih punya lidah yang bisa aku pakai untuk berdzikir mengagungkan Nya. Aku masih punya hati sehingga aku bisa mengenal  kebesaran-Nya."

Ahmad sangat terkejut mendengar jawaban Pak Tua tersebut. Jawaban tersebut membuatnya sadar bahwa selama ini dirinya termasuk manusia yang kurang bersyukur. Dia terlalu banyak melihat keatas. Dia tidak pernah memberikan perhatian kepada masyarakat disekitarnya yang lebih menderita dibandingkan dirinya.

Sejak saat itu, seminggu sekali Ahmad menyempatkan dirinya untuk mengunjungi bangsal kelas 3 di rumah sakit umum di kotanya.  Disana Ahmad menemui banyak keluarga yang sedang mengalami kesusahan. Kebiasaan barunya membuat hidupnya lebih berbahagia. Dia bisa mensyukuri kesehatan dirinya dan segala anugerah lainnya yang telah Allah berikan padanya. 


No comments:

Post a Comment