Monday, December 26, 2011

Kisah Khalifah Ali,membagi roti dengan adil


Suatu hari dua orang musafir menempuh perjalanan bersama dengan masing-masing membawa bekal makanan. Orang pertama membawa bekal lima potong roti, dan orang kedua membawa bekal tiga potong roti. Ketika mereka berhenti untuk beristirahat dan hendak memakan bekal rotinya, datang orang ketiga yang tidak membawa makanan. Maka orang ketiga ini minta ijin untuk bergabung dan ikut makan roti. Dua orang yang berbekal roti tadi setuju, kemudian keduanya memotong setiap roti menjadi tiga bagian.
Setelah semua roti tadi terpotong menjadi tiga bagian, tiga orang musafir ini makan seluruh roti bersama-sama dengan bagian yang masing-masing jumlahnya sama. Setelah selesai makan, orang ketiga yang tidak berbekal makanan tadi pamitan dengan meninggalkan 8 (delapan) Dirham untuk dua orang yang telah membaginya roti. Namun dua orang ini tidak mudah untuk berbagi, mereka beradu argumen tentang hak-nya masing-masing.

Karena tidak ketemu kata sepakat, mereka berdua memutuskan untuk menemui pemimpin yang dianggapnya selama ini selalu bisa memutuskan hukum secara adil. Dua orang yang bertengkar memperebutkan 8 Dirham tersebut akhirnya menghadap Khalifah (Ali) dan mengadukan permasalahannya. Semula Ali menawarkan 3 Dirham untuk pemilik 3 roti dan 5 Dirham untuk pemilik 5 roti, namun pemilik 3 roti tidak bersedia menerimanya – dia bertahan pada pendapatnya bahwa dia harus mendapatkan hak yang sama yaitu 4 Dirham.

Karena penyelesaian secara mufakat yang saling ridlo tidak tercapai, maka Ali harus memutuskan berdasarkan keadilannya. Dan ini yang diputuskan oleh Ali :

Pemilik 3 potong roti hanya berhak menerima 1 Dirham, alasannya adalah 3 potong rotinya dibagi 3 menjadi 9 potong. Kemudian 8 potong dimakannya sendiri, jadi dia hanya berkontribusi 1 potong roti kecil (sepertiga dari roti awal) untuk diberikan ke orang ketiga yang tidak membawa roti. Pemilik 5 potong roti mendapatkan sisanya 7 Dirham, alasannya adalah 5 potong roti awal masing-masing dipotong 3 menjadi total 15 potong roti kecil. Dari 15 potong roti kecil ini, dia sendiri hanya memakan 8 potong diantaranya. Sisanya 7 potong diberikan ke orang ketiga yang tidak membawa roti.
sumber: www.geraidinar.com

No comments:

Post a Comment