Saturday, June 18, 2011

Albert Lexie: orangnya biasa, sedekahnya yang luar biasa

Albert Lexie (dilatar belakang)
Albert Lexie (67 tahun) adalah seorang tukang semir sepatu dari  kota Monessen. Hampir setiap Selasa dan Kamis dia akan berangkat jam 5:30 pagi dari rumahnya untuk bekerja sebagai tukang semir sepatu di Children Hospital of Pittsburgh, Amerika. 

Pada tahun 1982, ketika dia melihat ada kegiatan penggalangan dana bagi Free Care Fund untuk membiayai RS Anak di kotanya, dia datang menyumbangkan dana sebesar $ 730 (sekitar Rp 6,5 juta). Padahal dalam setahunnya dia hanya hidup dengan uang sekitar $ 10.000. Hidup sederhana untuk ukuran Amerika. Sejak saat itu dia selalu rajin sedekah buat anak anak tidak mampu yang dirawat disana.

Albert Lexie hidup sederhana. Dia mengumpulkan semua tip dan hasil kerjanya sebagai tukang semir sepatu. Dia juga menyediakan kotak amal bagi biaya pengobatan anak anak tidak mampu yang dirawat di Children Hospital of Pittsburgh. Anak anak tersebut dia istilahkan sebagai anaknya pak Albert. Hingga sekarang, Albert Lexie sudah menyumbang (dari hasil kerjanya dan kotak amal) untuk kegiatan amal hingga $ 150,000 (sekitar Rp 1,27 milyard nilai sekarang).

Karena kedermawanannya itu Mr. Albert Lexie telah menerima berbagai penghargaan selama 28 tahun bergerak dibidang amal, diantaranya:

•An Association of Fundraising Professionals (AFP) Outstanding Philanthropist Award dari the organization’s Western Pennsylvania Chapter di 2001

•Jefferson Medal for Outstanding Citizen di tahun 1997

•The Donora Rotary memberikan kepada Albert Lexie dengan  Community Service Award atas semua sumbangannya kepada Children’s Hospital

•Di 2006 Caring Institute memberinya National Caring Award

No comments:

Post a Comment