Thursday, June 16, 2011

Tom Hsieh: tahun lalu Rp 326 juta untuk hidup, sedekah Rp 1,391 milyar

Tom Hsieh (36 tahun) adalah seorang laki laki yang hidup berbahagia. Dia menikah dengan Bree (31 tahun) dan mempunyai seorang anak Kadence (1 tahun).

Ketika Tom Hsieh lulus universitas, dia mendapat tawaran kerja dengan gaji yang besar. Namun dia memilih bekerja sebagai teknisi komputer dengan gaji jam-jaman di Servant Partner's Work (disana dia ketemu dengan Bree yang kini menjadi istrinya). Meskipun begitu penghasilannya masih tetap diatas kebutuhan hidupnya. 

Sangat mudah bagi setiap orang untuk mengkonsumsi melebihi keperluan. Oleh karena itu,  ketika Tom Hsieh dan Bree menikah, mereka sepakat untuk hidup sederhana dan menghabiskan dibawah rata rata pengeluaran keluarga di Amerika (sekarang sekitar $ 46,000 per tahun). Mereka menyumbangkan sisa penghasilannya untuk kegiatan amal membantu orang orang miskin di kota Los Angeles.

Tahun lalu sebagai executive technology, Tom Hsieh berpenghasilan sekitar Rp 1,7 milyar. Tom dan keluarga hanya memakai sekitar Rp 326 juta untuk hidup. Sisanya mereka sedekahkan.

Dua tahun lalu ketika Tom Hsieh dan keluarganya sudah memberikan sumbangan tahunannya, mereka mendapat inspirasi untuk menyumbangkan tabungannya juga. Setelah mereka berniat untuk menyumbangkan sisa tabungannya, minggu depannya ada tetangga yang sangat memerlukan bantuan keuangan. Minggu berikutnya ada teman jauh yang memerlukan bantuan dan minggu berikutnya ada saudara yang mengalami krisis keuangan. Dalam sebulan, semua tabungannya habis untuk membantu orang orang yang membutuhkan. Namun ajaibnya, beberapa bulan kemudian, Tom Hsieh mendapat bonus dari hasil kerjanya yang besarnya cukup untuk mengganti semua tabungan yang telah dia sedekahkan tadi.

No comments:

Post a Comment