Friday, June 10, 2011

Memanfaatkan pensiun

Warren Buffet

Keberhasilan program kesehatan dan program pembangunan sosial ekonomi pada umumnya telah meningkatan usia harapan hidup penduduk Indonesia. Meningkatnya perawatan kesehatan melalui Puskesmas, meningkatnya daya beli masyarakat akan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan, mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kalori, mampu mempunyai pendidikan yang lebih baik sehingga memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang memadai,  meningkatkan  derajat kesehatan masyarakat dan memperpanjang usia harapan hidupnya.

Angka Harapan Hidup untuk Indonesia dari Sensus Penduduk Tahun 1971 adalah 47,7 tahun. Artinya bayi-bayi yang dilahirkan menjelang tahun 1971 (periode 1967-1969) akan dapat hidup sampai 47 atau 48 tahun. Tetapi bayi-bayi yang dilahirkan menjelang tahun 1980 mempunyai usia harapan hidup lebih panjang yakni 52,2 tahun, meningkat lagi menjadi 59,8 tahun untuk bayi yang dilahirkan menjelang tahun 1990, dan bagi bayi yang dilahirkan tahun 2000 usia harapan hidupnya mencapai 65,5 tahun.

Jaman dulu ketika batas usia pensiun ditetapkan, sebagian besar mencapai usia pensiun dalam keadaan sudah tidak lagi sehat. Mereka tidak bisa lama menikmati pensiunnya.

Namun kini banyak para pensiunan yang bisa mencapai usia diatas 80 tahun. Mereka bisa menikmati pensiun selama 24 tahun. Artinya, mereka bekerja dan membayar iuran untuk pensiun selama sekitar 30 tahun, namun bisa menikmati uang pensiunnya selama 24 tahun. Benar benar suatu kemewahan.

Saya kira sayang kalau sisa waktu 24 tahun setelah pensiun disia-siakan begitu saja. Akan sangat baik bila para pensiunan bisa mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang produktif namun menyalurkan hasilnya untuk kegiatan amal sholeh.

Bai Fang Li baru berhenti sebagai tukang becak diusia mendekati 90 tahun dan menyumbangkan sebagian besar penghasilannya (setelah dipotong untuk biaya hidupnya yang sangat sederhana) untuk membiayai pendidikan anak anak dari keluarga miskin.  Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, sudah berusia 80 tahun belum juga pensiun. Dia telah menyedekahkan 50% kekayaannya untuk kegiatan amal. Warren Buffet juga sudah berjanji bahwa dia akan menyumbangkan 99% kekayaannya untuk sosial.

Menurut banyak penelitian, kerja sosial membuat seseorang bisa berumur panjang. Kegiatan sosial juga membuat orang merasa lebih bahagia dan lebih sehat.

No comments:

Post a Comment