Monday, June 27, 2011

Dame Stephanie Shirley: jadi dermawan karena pernah jadi pengungsi

Dame Stepahnie Shirley adalah seorang wirausaha. Dia mulai usahanya dengan modal 6 poundsterling (sekitar Rp 80 ribu nilai sekarang) di tahun 1962. Dia berhasil mengembangkan usahanya (kini nama perusahaanya adalah Xansa ) menjadi sebuah perusahaan dibidang teknologi yang terkemuka. Setelah pensiun di tahun 1993, Dame Stephanie Shirley banyak mencurahkan waktunya untuk kegiatan sosial.

"Pengalaman hidup saya sebagai pengungsi merupakan alasan utama kenapa saya menjadi dermawan. Sebagai pengungsi saya harus bisa membuat justifikasi kenapa saya bisa hidup sedangkan banyak orang lain harus meninggal. Sebagai pengungsi saya menerima banyak bantuan dan mengalami hal hal yang tidak terbayangkan oleh orang orang kaya", kata Dame S Shirley, yang harus mengungsi dari Jerman ke Inggris pada tahun 1939.

Dame Shirley memfokuskan bantuannya di dua bidang: teknologi informasi (bidang keahliannya) dan autis (anaknya laki laki terkena autis).Hingga sekarang Dame Shirley dan suaminya sudah menyumbang sekitar 50 juta poundsterling bagi kegiatan amal. Dame Stephanie juga membangun rumah bagi para penyandang cacat autis, yang kini dihuni sekitar 37 orang penyandang autis.

No comments:

Post a Comment