Tuesday, September 20, 2011

Mohammed Sharif, spesialis jenazah tak dikenal

Sekita 15 tahun lalu, Mohammed Sharif sangat sedih karena anaknya laki laki tertua Riaz Khan telah hilang dan tidak lagi ketahuan dimana keberadaannya. Sebulan lamanya dia mencari anaknya dengan mendatangi berbagai kantor polisi dan rumah sakit. Hingga suatu saat, diperlihatkan kepadanya  sebuah tas berisi pakaian berlumuran darah milik anak laki lakinya. Dia mulai percaya bahwa anaknya kini telah tiada dan tidak jelas dimana kuburnya.

Sejak saat itu, Mohammed Sharif dari kota Faizabad, negara bagian Uttar Pradesh, India membaktikan sisa hidupnya merawat jenazah tidak dikenal dan menguburkannya dengan penuh hormat. Dia telah berjanji akan merawat semua jenazah tidak dikenal, tanpa memperdulikan latar belakang agamanya.

Hingga sekarang Mohammed Sharif sudah merawat dan menguburkan 1000 jenazah hindu dan 500 jenazah muslim yang tidak dikenal. Sebagian diantaranya meninggal karena korban kecelakaan ataupun korban kerusuhan massal yang kadang terjadi di kota Faziabad.

Mohammed Sharif tidak lagi mementingkan dirinya. Dia tekuni kegiatan penguburan jenazah tak dikenal dengan sepenuh hati. Pada tahun 2009, ketika dia mendapat penghargaan sebagai pahlawan nyata "real heroes", hadiahnya dia pakai untuk memperbaiki bangunan pemandian jenazah.

No comments:

Post a Comment