Thursday, August 11, 2011

Jim Zidell, target hidupnya membantu 200 juta orang mendapatkan air bersih

Tujuan hidup Jim Zidell adalah membantu 200 juta orang untuk mendapatkan air bersih sebelum tahun 2020.

Hingga saat ini, selama 10 tahun terakhir hidupnya, Jim Zidell (saat ini berumur 73 tahun) telah membaktikan seluruh waktu dan tenaganya, serta $ 7 juta (separuh kekayaannya) untuk mencapai tujuan hidupnya tersebut.

Jim Zidell berasal dari keluarga dermawan. Ayahnya adalah pengungsi dari Rusia yang pindah ke Amerika. Ketika ayahnya meninggalkan Rusia pada tahun 1912 diumur 16 tahun, ayahnya  tidak bisa baca tulis. Ayahnya tetap buta huruf hingga akhir hayatnya. Ibunya juga harus berhenti sekolah ketika masih berumur 13 tahun. Meskipun demikian, di Amerika mereka berhasil membangun bisnis dibidang besi baja dan menjadi kaya raya.

Setelah lulus sarjana S1, Jim Zidell bekerja di perusahaan milik keluarganya. Dia mulai secara penuh membaktikan hidupnya untuk kegiatan amal setelah setahun ditinggal mati oleh istrinya. pada hari ulang tahun kematian istrinya, tiba tiba Jim Zidell merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu, khusunya membantu masyarakat miskin mendapatkan air bersih.

Karena dia sangat awam dalam masalah pengorganisasian dan masalah air, maka dia mengkontak temannya bernama Randy Hayes yang sudah mendirikan sebuah LSM Rainforest Action Network. Mereka berdua selama 3 hari berdiskusi tentang proyek penyediaan air bersih bagi masyarakat tidak mampu. Dari hanya kerja berdua, akhirnya Jim Zidell bisa membentuk tim inti sebanyak 7-8 orang. Selama setahun berikutnya dia banyak bepergian mengunjungi masyarakat miskin yang memerlukan air bersih dan menemui serta berdiskusi dengan banyak orang.

Ketika itu Jim Zidell tidak tahu kalau sebuah desa di negara negara berkembang hanya dihuni sekitar 1000 orang, sehingga kalau ingin membuat proyek air bersih untuk 200 juta orang dalam waktu 20 tahun, maka dia harus membuat 10,000 proyek per tahunnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Jim Zidell membuat Peer water Exchange sebuah portal sebagai platform kerja sama bagi proyek proyek perbaikan air bersih. Semboyannya adalah " If you want to be incrementally better: Be competitive. If you want to be exponentially better: Be cooperative."

Jim Zidell juga mendirikan Blue Planet Network yang berhasil menggalang dana jutaan dolar untuk proyek perbaikan air bersihnya.

Mari kita tiru Jim Zidell, mengisi sisa hidup kita setelah pensiun dengan kegiatan amal kongkrit

No comments:

Post a Comment