Monday, October 3, 2011

Dr Nistha Desai, melawan paedofilia


Dr Nistha Desai

Dunia ini memang sudah tua. Sekarang semakin banyak saja laki laki dewasa yang hanya tertarik secara seksual dengan anak laki laki yang masih kecil. Kelainan ini dikenal sebagai paedophilia. Hingga saat, sebagian besar dari paedophilia adalah orang Barat. Mereka mencari mangsa anak laki laki dari negara berkembang. Oleh karena itu, mereka sering dijumpai di daerah turis seperti Bali, Lombok, Yogya atau Jakarta.

Ketika di Pokhara, Nepal, saya melihat seorang laki laki dewasa berkulit putih yang bekerja sebagai paraglider, mengajak anak laki laki Nepal. Saya takut anak tersebut sudah terjebak sebagai korban paedophilia. Modus kerjanya adalah mereka meberikan iming iming sesuatu kepada anak laki laki. Mereka kemudian akan mengajak anak anak tersebut ke kamar hotelnya. Bila hal ini sampai terjadi, anak alki laki tersebut  akan tumbuh menjadi seorang homoseksual, atau bahkan juga paedophilia.

Di India, Goa merupakan daerah tujuan wisata. Pantainya terkenal keindahannya dan banyak turis yang berkunjung kesana. Sebagai akibat sampingannya, cukup banyak anak menjadi korban paedophilia. Untungnya, mereka mempunyai Dr Nistha Desai yang mendirikan sebuah LSM bernama Children's Right in Goa (CRG). Kegiatan CRG meliputi:


  •  Memberdayakan anak anak  dengan menyadarkan mereka tentang hak haknya dan memberikan mereka informasi sehingga anak anak tersebut bisa melindungi dirinya dari exploitasi sesksual
  • Meningkatkan partispasi anak anak dan menciptakan landasan bersama sehingga anak anak tersebut bisa mengekspresikan diri.
  • Mencegah Goa menjadi daerah tujuan wisata para penderita paedophilia.
  • Mendorong pemerintah dan penyelenggara wisata agar mentaati kode etik turisme yang bersahabat dengan anak anak (the child friendly tourism code).  
  • Memperkuat upaya masyarakat dalam melindungi anak anak dengan menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat.
  • Memberikan dukungan psiko-sosial kepada anak korban paedophilia.
  •  Melakukan kampanye undang undang perlindungan anak untuk mengurangi kerentanan anak dari eksploitasi seksual.  

CRG memberikan penyuluhan, menyebarkan brosur dan juga membawa kasus paedophilia ke pengadilan. Sejak didirikan di tahun 1996, CRG sudah menangani 341 kasus paedophilia. Meskipun CRG sudah berhasil membawa Freddy Peats seorang paedophilia menjalani penjara seumur hidup di India, CRG memperkirakan setidaknya sekitar 10,000 orang paedophilia berkunjung ke Goa setiap tahunnya.

No comments:

Post a Comment